Jumat, April 26, 2013

Tom Hiariej Diputus Kontrak FC Groningen

Tom Hiariej, bek kanan keturunan Belanda Maluku harus meninggalkan di FC Groningen. Kontraknya yang masih setahun diputus. Sejak awal musim lalu bek kanan ini memang sudah disewakan ke FC Emmen. Bagaimana kedepannya?


Cayfano Latupeirissa
Sepakbolanda sudah menduga Tom Hiariej harus meninggalkan klub Belanda Utara ini. Sebab kalau pemain sudah disewakan ke klub kasta lebih rendah FC Emmen di Jupiler League (Liga Dua), maka sudah hampir bisa diduga kualitasnya dinilai kurang memadai. Hal ini terjadi di banyak pemain, seperti juga pada keturunan lain Cayfano Latupeirissa yang disewakan dari N.E.C. Nijmegen ke FC Oss.

Menata Ulang
Setiap akhir musim klub-klub Belanda biasanya menata kembali susunan tim dan keuangannya. Berarti mencari pemain baru, menyewakan, menjual atau tidak memperpanjang kontrak. Tentu dengan tujuan supaya jumlah skuad tetap stabil dan beban dana tidak membengkak. Sukur-sukur kualitas membaik dengan  menemukan bibit baru dari akademi sendiri, yang tidak membutuhkan dana transfer besar. 


Tom Hiariej bukan satu-satunya yang dilepas FC Groningen. Menurut Dagblad van het Noorden, Matías Jones dan Jonas Ivens kemungkinan besar juga harus pergi. Sejatinya kontrak ketiganya belum habis, demikian tulisan itu. 

Ganti Pelatih
Sepakbolanda melihat akhir 2011, Hiariej menandatangani perpanjangan kontrak tiga tahun, berarti sampai 2014.  Pelatih ketika itu Pieter Huistra menilai Tom bisa berkembang di Groningen.  Namun demikian Robert Maaskant, pelatih sekarang tidak melihat peran Hiariej dalam skuadnya. 

Tom Maunya Apa? 
Sementara FC Emmen, klub lamanya Sergio van Dijk, sebenarnya puas dengan bek kanan ini, bahkan suporter FC Emmen sangat antusias padanya. Masih menjadi pertanyaan apakah Emmen bersedia mengambilalih dan menyodorkan kontrak. Dan yang lebih penting lagi, apa keinginan Tom Hiariej sendiri? 
Posting Komentar