Minggu, Maret 03, 2013

Keturunan Ini Lebih Hebat Dari Luis Suarez

Luis Suarez, membuat publik sepak bola kagum. Striker Liverpool ini mencetak hattrick pada laga tandang ke Wigan Athletic. Sebenarnya menurut sepakbolanda.com pemain keturunan Ezra Walian di Ajax Amsterdam, lebih hebat.


Sebelum Suarez mencetak tiga gol di stadion Wigan DW dan menjadi topskor sementara, Ezra Walian bintang keturunan Indonesia sudah melakukannya di komplex de Toekomst, beberapa jam sebelumnya.

Lebih Jitu
Bahkan Sepakbolanda menilai Ezra lebih jitu ketimbang Luis Suarez. Pada Sabtu itu tim B1 junior U-16 memetik kemenangan 3-0 dari SC Heerenveen B1. Ezra memborong ketiga goalnya. 


100%
 Dengan kata lain kemenangan 3-0 itu, 100% dari kontribusi pemain keturunan Manado ini. Semantara Luis Suarez menyumbangkan 3 dari 4 goal Liverpool. Berarti kontribusinya golnya 75% dari kemenangan Liverpool atas Wigan. Stewart Downing, dengan satu goalnya mengklaim 25% kontribusi gol kemenangan.


Sepakbolanda bukan hanya ingin membandingkan, tetapi juga mencari kesamaan antara Ezra Walian dan Luis Suarez. Kedua memang sama-sama punya sentuhan Ajax Amsterdam.

Ajax Amsterdam

Baik Ezra maupun Luis berlatar belakang Ajax. Luis Suarez bermain selama empat musim di Ajax Amsterdam. Awalnya Suarez masuk liga Eredivisie lewat FC Groningen. Setahun di klub Belanda Utara akhirnya ia pindah ke klub ibukota. Dari tahun 2007 sampai dengan 2010/2011di klub kondang Amsterdam itu.

Ezra Walian sebelum masuk Ajax, tahun 2011 lalu adalah bakat yang sudah menonjol di AZ Alkmaar. Akhirnya pemburu bakat Ajax berhasil membujuk Erza pindah ke Akademi de Toekomst yang kondang itu.

Banyak Belajar

Baik bagi Suarez maupun Walian, selama di Ajax merupakan momen yang berharga untuk mendulang ilmu sepak bola. Saurez dalam wawancara mengungkapkan banyak belajar dari Marco van Basten dan Dennis Bergkamp selama bermain di Ajax. Hal yang sama dirasakan Ezra Walian saat ini.

Sepakbolanda sering menemukan pengakuan pemain muda yang ingin merumput di Ajax. Karena mendambakan ilmu dan kemahiran yang bisa melengkapi karir menuju liga-liga lebih besar Italia, Spanyol, Inggris dll.

Selain Suarez, masih ada sederetan nama besar yang mengenyam pematangan di Amsterdam. Ingat nama Zlatan Ibrahimovic, Christian Chivu, Rafael van der Vaart, Wesley Sneijder, John Heitinga. Menjalani pematangan di Ajax Amsterdam.
Posting Komentar