Jumat, Maret 01, 2013

Alasan Van Der Maarel Ingin Main di Indonesia

Mark van der Maarel, pemain keturunan Indonesia yang sedang bersinar di FC Utrecht Belanda, menjadi sorotan berbagai media. Dalam wawancara dengan Voetbal International (VI), ia menyebutkan ingin bermain di Indonesia. 


Niat bermain di Indonesia bukan hal baru. Sebab dua tahun silam, Mark sudah mengungkapkannya kepada sepakbolanda. Di wawancara dengan VI ini, ia menegaskan sebagai pemain keturunan Indonesia dia memiliki niat bermain di Indonesia. Dan sekarang publik luas Belanda mengetahui bahwa ibunda Mark, kelahiran Jakarta dan pindah ke Belanda ketika berusia dua tahun. 

Mark (23) tahun adalah putra bungsu dari tiga bersaudara. Jarak usia dengan dua kakaknya cukup jauh, sekitar 10 tahun. Kakak sulung perempuan 33 tahun dan kakak laki-laki 31 tahun. Musim panas 2010 lalu Mark sekeluarga berlibur ke Indonesia. 

"Pertama kali saya mengunjungi negara itu, dan saya merasakan ada ikatan akar saya di sana."

Mark menyebutkan pasti akan kembali ke Indonesia. Mungkin juga ketika masih aktif sebagai pemain sepak bola. Mark mengikuti perkembangan sepak bola lewat internet dan juga dari Irfan Bachdim, mantan rekan setimnya di Argon dulu.

"Saya lihat publik sangat antusias, pertandingan timnas disaksikan 60an ribu penonton di stadion. Saya lihat pertandingan lewat internet. Sayang kualitas sepak bolanya belum tinggi. Menarik ketika mendengar ada kemungkinan memanggil pemain berdarah Indonesia dari Eropa. Ingin juga untuk ke sana, tapi nunggu beberapa tahun dulu. Saat ini saya fokus dulu dengan FC Utrecht," ungkapnya kepada VI.

Sepakbolanda berharap semoga momennya Mark bermain di timnas Garuda cocok dengan situasi kepengurusan di Indonesia yang semakin sangat rukun.

* Mark van der Maarel Ingin Main di Indonesia

5 komentar:

eko sinchan mengatakan...

terimakasih om eka atas beritanya. Semoga saja mark van der maarel bisa bermain untuk timnas dgn keadaan sepakbola kita sudah kondusif. Dan semoga jeffrey rijsdijk dan joey suk mau memenuhi panggilan BTN untuk memperkuat timnas tgl 23 maret nanti saat melawan arab saudi.
Saya tunggu berita mereka berdua dari om eka.
:)

Eka Tanjung mengatakan...

Untuk Joey Suk dan Jeffrey Rijsdijk juga sangat berat kalau situasinya di Indonesia masih belum kondusif seperti sekarang ini. Kita tunggu saja lah dulu.

Qie15 mengatakan...

Tapi kalau bisa rampungkan dulu proses Naturalisasi mereka biar kalau ada panggilan tidak ribet lagi.
Untuk om Eka tolong sarankan pemain yang mau Naturalisasi langsung aja datang ke Indonesia(PSSI) minta dinaturalisasi dengan cepat.Karna kalau datang langsung biasanya cepat , apalagi Joey tinggal disumpah , contoh SVD yang slalu minta langsung , dan akhirnya beres.
terima kasih om , tolong sampaikan yah :)

Raja Rezky mengatakan...

om eka , berita anda tentang pemain naturalisasi sangat saya nantikan. semoga dengan usaha om eka ini, sepak bola INDONESIA khususnya TIM NASIONAL bisa berbicara lebih dipentas dunia.
ditunggu om eka berita ter update nya ya.

Juku Eja mengatakan...

sy supporter the Macz man asal Makassar,..kalo bisa SEPAKBOLANDA TERBIT setiap minggu,..salam damai dari to all my brothers in Holand