Senin, Desember 31, 2012

PSV Tidak ke Indonesia Tapi ke Thailand

PSV Eindhoven, klub papan atas Belanda melawat Thailand antara 5 sampai 12 Januari 2013 ini. Selama ini Negeri Gajar Putih itu Mark van Bommel dan kawan-kawan akan berlatih tanding lawan klub juara Thailand, Muangthong United. Sayang tidak ke Jakarta, padahal PSV masih ingin latih tanding dengan satu klub lagi di “PSV Centennial Asia Tour 2013”


Untuk pemusatan latihan jeda kompetisi 2012-2013 ini PSV memilih ke Asia. Dengan slogan “PSV Centennial Asia Tour 2013” klub Eindhoven itu sekalian memulai perayaan ulang tahun ke 100nya. Tour Asia ini tercipta antara lain berkat kesepakatan sponsor dengan perusahaan asuransi AIA Thailand. 

Program
Di websitenya PSV menuliskan program selama di Thailand. 

  • Pada 7 Januari, para pemain dan pelatih PSV memberi soccer clinics pada bakat-bakat Thailand (10-13 Tahun). Selain itu staf teknis PSV memberikan workshop tentang manajemen kepada klub-klub daerah di Thailand. 
  • 8 Januari dicanangkan pertandingan persahabatan PSV lawan juara liga Thailand, Muangthong United. Pertandingan berlangsung di markas Muangthong United stadion SCG Bangkok. PSV di situsnya, menyebutkan ingin menggelar satu lagi laga persahabatan sebagai persiapan paroh kedua skuad Dick Advocaat. “Tapi organisator tidak bisa berhasil menemukan satu lagi lawan latihan.”
Tanggal 13 Januari PSV sudah kembali ke Belanda dan untuk mempersiapkan laga perdana kompetisi menjamu PEC Zwolle, 18 Januari 2013.

Sepakbolanda jadi bertanya-tanya, mengapa tidak sekalian mampir ke Jakarta? Sebelumnya kan promotor Indonesia juga sudah dua kali melobi untuk mengundang klub kondang Belanda ini? Apakah AIA Indonesia tidak bisa mbonceng saudaranya di Thailand? 

Dari film ini bisa dilihat keseriusan pihak Thailand dalam mengupayakan kedatangan PSV. Mereka datang langsung ke Eindhoven dan bertemu dengan direksi.




Kisruh
Kalau membaca berita Tempo, Desember 2011, penyebab pembatalan adalah kisruh sepak bola Indonesia. 

Batal Kedua Kali
Tapi pada September 2012, PSV memberitakan akan melawat Thailand dan Indonesia bulan Desember ini. Ketika itu akan melibatkan Philips sebagai sponsornya. Tapi akhirnya rencana ke Indonesia pun gagal lagi.Alasan pembatalan tidak disebutkan dengan jelas. Mungkinkan karena kisruh? 

NB:  Koreksi. Mantan klubnya pemain naturalisasi Greg Nkwolo bukanlah Muangthong. Seperti yang sebelumnya ditulis sebelumnya. Terima kasih koreksi dari seorang teman di Facebook: Surya Ariendra. 

Posting Komentar