Rabu, Desember 12, 2012

Inilah Keturunan Yang Niat Naturalisasi 11 Desember

Rencana pemain keturunan menjalani proses naturalisasi pada 11 Desember ini tidak terrealisasi. Pemain bersangkutan yang sebelumnya mengabarkan kepada Sepakbolanda.com, tidak dengar apa-apa lagi.dapat berita follow up lagi. Bagaimana prosesnya?


Berita bermula dari Jeffrey de Visscher pemain keturunan Indonesia mengirim pesan pendek kepada Sepakbolanda (7/12/12.) Pemain kelahiran Almelo, 5 Mei 1981 ini mengatakan dirinya akan berangkat ke Indonesia antara 11 sampai 15 Desember 2012 ini. "Saya akan ke Indonesia dari 11-15 Desember untuk paspor." 

Kongres
Sepakbolanda cukup surprised dengan berita ini, sebab di periode itu asosiasi sepak bola nasional baik PSSI maupun KPSI sedang mempersiapkan kongres. "Kok bisa sampai ada rencana naturalisasi, sementara sibuk mempersiapkan hajatan penting tentang masa depan sepak bola nasional?"  begitu yang terbesit di kepala Sepakbolanda.

Citra Buruk
Namun demikian tidak ada alasan untuk meragukan ungkapan itu, minimal membengkakan rasa penasaran di ubun-ubun.
Sepakbolanda pun lanjut minta keterangan dari Jeffrey. Pemain liga Eerste Divisie yang di Belanda sendiri sedang menghadapi pencitraan buruk dari klubnya FC Emmen dan media murahan Belanda. 


Cara Murah
Pemain berpengalaman itu baru saja dipecat dari Emmen dengan alasan yang dibuat-buat. "Media menyebutkan bahwa Jeffrey dipecat karena mabok dan buang air di tempat umum." Sepakbolanda menilai pihak klub dan media mencari cara untuk memecat dengan mudah dan murah pemain keturunan Indonesia ini. Sejatinya sudah selama enam bulan ini Emmen ingin lepas dari De Visscher. Alasan pemecatan ini kesannya dipaksakan dan dibuat-buat.

Mungkin saja, momentumnya memang sudah pas bagi pemain keturunan ini untuk memikirkan negara nenek moyangnya. Sebab media Belanda sudah tidak ramah lagi padanya. Sementara negeri keduanya bisa menggunakan 'tenaganya' untuk mendongkrak kekuatan lini depan. 

Lumrah kalau dia mencari petualangan baru, klub baru ketika sedang status bebas kontrak atau free agent. Winger 31 tahun yang pernah main di FC Twente dan Aberdeen Skotlandia itu, memang berniat untuk membela timnas Garuda kalau segalanya lancar. "Kalau paspornya selesai, ya tentu saja itu (main di timnas red.) menjadi bisa," jawabnya. 

5 komentar:

yusuf afandi mengatakan...

wah om infonya menrik smwa.. smga indonesia s,,akin maju :)

Eka Tanjung mengatakan...

Yusuf Afandi berkata: "wah om infonya menrik smwa.. smga indonesia s,,akin maju :)

Sepakbolanda menjawab: Terima kasih banyak apresisasinya. Mohon dukungannya semoga kami bisa terus semangat dalam menggali informasi tentang pemain keturunan di Belanda khususnya dan Eropa umumnya.
Tentu saja impian sepakbolanda ikut berkontribusi walau hanya seupil semut, demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Erfrin Raden mengatakan...

baaarru nih mas .. tapi bagusnya mas konfirmasikan attau beri saran ke PSSI agaar semua pemain naturralisasi di beri kesempatan ke Timnaas ...biar inonesia bisa di perhitungkan lagi di kancah interrnasional apalagi dalam menghadapi piala asia

Eka Tanjung mengatakan...

Erfrin Raden berkata..."baaarru nih mas .. tapi bagusnya mas konfirmasikan atau beri saran ke PSSI agaar semua pemain naturralisasi di beri kesempatan ke Timnaas ...biar indonesia bisa diperhitungkan lagi di kancah interrnasional. apalagi dalam menghadapi piala asia."

Sepakbolanda menjawab: Tujuan kami menyajikan bog ini semata ingin memberikan info transparan kepada semua pihak. Termasuk kepada otoritas sepak bola di Tanah Air. Jadi sekiranya info ini berguna, silakan ditindaklanjuti. Sekiranya kurang jelas, Sepakbolanda siap memberikan info tambahan.

Abdul Fattah mengatakan...

nice info mas, semoga sepakbola indonesia makin maju dengan adanya pemain keturunan yang mau membela garuda.
ps: apa benar kabar dio permana (timnas u-17 indonesia) trial di heerenveen?