Rabu, Desember 26, 2012

Ajax Amsterdam Jajal Dua Bakat China


Ajax Amsterdam menjajal dua pemain muda China, Januari 2013 ini. Klub legendaris Belanda itu ingin melihat kemampuan Wang Chemgkuai (18 tahun) dan Wei Shihao (17 tahun). Masih menjadi pertanyaan apakah mereka mampu memenuhi standar Ajax yang ketat itu. Kalau Cina bisa, kapan ada pemain kelahiran Indonesia jajal klub Eredivisie?


Nama dua pemain asal China itu tidak datang begitu saja dari langit. Henk ten Cate yang tahun lalu melatih Shandong Luneng Taishan, menyampaikan pada direksi Ajax di Amsterdam bahwa ada dua bakat dari klub ini. Wang dan Wei akan menjalani masa uji coba selama beberapa pekan di Amsterdam. 


'Wang sebelumnya sudah pernah magang di kami, dan akhirnya kami minta dia datang lagi,' ungkap Marc Overmars direktur Sepak bola Ajax kepada media Belanda, de Telegraaf.  'Ia bisa dipasang di semua posisi gelandang. Henk (ten Cate) menyaksikan dia bermain di tim junior (di China red.)' tambah Overmars.

Menurut Henk ten Cate, Wei Shiahao adalah striker dan memiliki bakat lebih bagus lagi ketimbang Wang. Kalau mereka jadi menandatangani kontrak di Ajax maka mereka akan mengikuti jejak Sun Xiang.



China Pertama di CL
Tahun 2007, Sun Xiang mengukir sejarah sebagai pesepakbola pertama China yang bermain di PSV Eindhoven dan berlaga di Champions League. Bek kiri, kala itu berusia 25 tahun mengantongi kontrak enam bulan di Eindhoven. 

17 Februari 2007 ia menempuh pertandingan perdana di Eredivisie melawan Heracles Almelo. Dan tiga hari kemudian 20 Februari 2007 dia masuk di babak kedua pada laga Champions League, PSV lawan Arsenal. Duel ini dimenangkan tim Belanda itu 1-0. 

Kalau para pemain China saja bisa tembus liga Eredivisie bahkan sampai Champions League, kapan giliran pemain kelahiran Indonesia?

Kalau mengikuti resep pemain-pemain China ini, maka para bakat kita harus menunjukkan kebolehan. Untuk itu perlu ada 'mata' atau scout Ajax yang melihatnya. Bisakah kita melakukan itu?



Posting Komentar