Sabtu, November 17, 2012

Joey Suk Merasa Dilupakan

"Kok aku gak dengar apa-2 lagi dr Indonesia ya? Apakah aku sudah dilupakan?" demikian ungkapan kepada Sepakbolanda. Kalimat itu bisa diartikan sebagai hasrat minta disapa lagi oleh asosiasi sepak bola Indonesia, bukan oleh sepakbolanda. Kalau dengan sepakbolanda Joey Suk sudah menjalin kontak intensif.


Kembali pada pertandingan lawan AGOVV yang berakhir imbang 2-2, Joey Suk berperan penting dan berkontribusi satu gol. Sayang sekali kali ini Xander Houtkoop pemain keturunan Maluku di Go Ahead tidak menyumbang gol.





Dirigen Lapangan
Seorang Joey Suk memang boleh berharap didekati oleh asosiasi sepak bola Indonesia, sebab Suk adalah pemain berdarah Indonesia dan memiliki kuwalitas di atas rata-rata pemain keturunan di Belanda. Teristimewa karena dia menduduki posisi yang sangat fital di lapangan. Joey Suk merupakan dirigen di lapangan. Dia menentukan kapan tim harus menyerang dan kapan bertahan.

Serba Guna
Dengan daya jelajah yang tinggi didukung fisik yang mumpuni maka Joey Suk bisa dipakai di tim manapun, dan oleh pelatih manapun. Baik di Jupiler League maupun Nil Maizar di timnas Indonesia. Buktinya klub Go Ahead Eagles sudah dua tahun berturut menduduki posisi 10 terbesar dengan Suk. Dan formasi Deventer ini sudah tiga kali ganti pelatih, tapi Joey Suk tetap terpakai.

Kritik
Perannya sangat fital, bahkan sampai berdampak buruk bagi tim Go Ahead Eagles. Ketika Joey Suk cedera dan harus digantikan pemain lain, kekalahan pun tidak bisa dihindarkan. Media-media Belanda mengkritik. "Go Ahead Kehilangan Suk!"

Suk di Oranje
Forum internet di Belanda bahkan berani berspekulasi bahwa Joey Suk layak bermain untuk timnas Belanda.  Dia pantas disandingkan dengan Nigel de Jong di posisi gelandang bertahan. Posisi yang cocok bagi Suk menurut pemberi opini ini di belakangan Ibrahim Afellay - Rafael van der Vaart - Arjen Robben. Dan sebagai ujung tombaknya Robin van Persie. (lihat gambar)


13 komentar:

Matutu mengatakan...

kirain udah sumpah juga kmaren bareng Diego... yg katanya belum bisa memenuhi panggilan negara karena klub membutuhkan. bener gak sih atau sy aja yg salah baca..

http://en.wikipedia.org/wiki/Joey_Suk

Andi mengatakan...

Ya om..bantu joey jdi penghbng dngn PSSI biar dia bsa main di TIMNAS..kami dah lama nunggu aksi joey berseragam merah pth..kami slalu lo lht info pertndngan GAE wlau hanya cri tau penctak golnya saja..kalau joey yg bikin gol kami sngat senang..om..slam buat joey..kami tunggu aksinya saat pkai jersey garuda di dada..

geontino mengatakan...

diantara para pemain keturunan yang jadi kandidat untuk dinaturalisasi, joey suk ini bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik. rutin dimainkan oleh GAE, rajin mencetak gol. sangat mengherankan sampai saat ini dia belum dipanggil juga.

raidersmarp mengatakan...

Semoga Joey Suk bisa segera bergabung dengan Timnas Senior menghadapi kualifikasi Asian Cup agar dapat lolos ke putaran final.

Eka Tanjung mengatakan...

Matutu: "kirain udah sumpah juga kmaren bareng Diego... yg katanya belum bisa memenuhi panggilan negara karena klub membutuhkan. bener gak sih atau sy aja yg salah baca.."

Sepakbolanda: Setahu saya Joey belum pernah menjalani sumpah WNI. Yang disumpah bersama dengan Diego Michiels kalau tidak keliru adalah Ruben Wuarbanaran.

Eka Tanjung mengatakan...

Andi:"Ya om..bantu joey jdi penghbng dngn PSSI biar dia bsa main di TIMNAS..kami dah lama nunggu aksi joey berseragam merah pth..kami slalu lo lht info pertndngan GAE wlau hanya cri tau penctak golnya saja..kalau joey yg bikin gol kami sngat senang..om..slam buat joey..kami tunggu aksinya saat pkai jersey garuda di dada.."

Sepakbolanda: Sepakbolanda selalu siap memberikan bantuan semampunya kalau untuk urusan timnas Garuda. Tidak memilah siapapun yang jadi penguasa PSSInya. Karena itu semua demi Bangsa ku. Kami juga sangat senang dengan perkembangab setiap pemain keturunan. Berarti kita sebenarnya BISA.

Eka Tanjung mengatakan...

Geontino: "diantara para pemain keturunan yang jadi kandidat untuk dinaturalisasi, joey suk ini bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik. rutin dimainkan oleh GAE, rajin mencetak gol. sangat mengherankan sampai saat ini dia belum dipanggil juga."

Sepakbolanda: Setuju, Joey Suk memang untuk saat ini terbaik dari semua deretan pemain keturunan yang pernah ke Jakarta.

Sepakbolanda selalu mencoba menyuguhkan berita-berita yang aktual tentang Joey Suk dan lainnya.

Sepakbolanda yakin pihak PSSI juga mengetahui kwalitas Joey Suk.

Sebagai organisasi besar, urusan PSSI bukan saja tentang pemain naturalisasi, tetapi juga memajukan bidang lain sepak bola tanah air seperti pembibitan usia dini dan juga kompetisi.

Kita perlu bersabar saja, dan banyak berkomunikasi dengan pihak PSSI langsung.

Eka Tanjung mengatakan...

Raidersmarp berkata :"
Semoga Joey Suk bisa segera bergabung dengan Timnas Senior menghadapi kualifikasi Asian Cup agar dapat lolos ke putaran final.


Sepakbolanda menjawab:
Sepakbolanda juga berharap kemajuan yang terbaik bagi sepak bola Tanah Air. Asian Cup menjadi tantangan yang berikutnya. Setelah kandas di AFF2012 lalu, mungkin sekarang saatnya Indonesia bangkit kembali. Untuk bisa lolos putaran final, sangat berat sekalipun dengan Joey Suk dan pemain keturunan lain. Piala Asia lawannya berat-berat, China, Arab Saudi dan Irak. Sepakbolanda berharap, Garuda jangan sampai jadi lumbung gol saja. Itu sudah cukup. Jangan sampai kebobolan lebih dari 5 gol setiap pertandingan, itu sudah kemajuan.

Dede Sanur mengatakan...

mudah2an bisa dihubungkan ke PSSI, si Raphael Maitimo saja bisa di naturalisasi secepatnya, masak utk pemain sekelas Joey Suk nggak akan dimudahkan, mudah2an sepakbolanda bisa menjembatani keinginan Joey Suk dengan PSSI, sehingga tdk kehilangan seperti Radja Nainggolan....kita perlu naturalisasi spy punya mental dulu dalam melawan negara2 kuat di asia, paling nggak juara di level asean...

Valdir Alee mengatakan...

mas tolong sampaikan ke pihak yg berwenang jgn sampai kjadian radja nainggolan terjadi lagi kpd joey suk...thaks mas

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Denden Permana mengatakan...

Mas Eka, Saya sudah melihat di beberapa media di Indonesia bahwa Joey Suk sudah di daftarkan kepada FIFA oleh PSSI, jadi pasti pertandingan berikutnya sudah bisa diturunkan melawan China, melawan Arab tinggal beberapa hari ke depan, jadi pasti belum bisa. Mudah2an proses dan dokumentasi yang di butuhkan sudah siap, sehingga semuanya lancar..... Saya ga sabar melihat penampilannya bersama TIMNAS.

Gaby Graviela mengatakan...

joey dijadwalkan disumpah bersama diego dan ruben, tapi dia tidak datang ke acara sumpah, dan aturannya jika 3 bulan tidak disumpah, maka Proses Naturalisasi dinyatakan gagal