Senin, November 05, 2012

Jawaban Status Naturalisasi Raphael Maitimo

PSSI dikabarkan memanggil tiga pemain keturunan Indonesia untuk pemusatan latihan jelang AFF 2012, akhir November. Jhonny van Beukering, Tonnie Cusell Lilipaly dan Raphael Maitimo. Jhonny dan Tonnie sudah menjalani naturalisasi setahun lalu. Bagaimana tentang status Raphael Maitimo? Tulisan di media Belanda, voetbalprimeur.nl memberikan jawabannya. Monggo!

 

Bareng Tonnie Cusell
Sepakbolanda gembira dengan kabar tentang gelandang ini. Disebutkan bahwa Rafael kemungkinan besar akan memperkuat timnas Indonesia. "Dia akan berangkat Selasa ini untuk bergabung dengan seleksi timnas Indonesia." Melihat harinya, maka Maitimo diperkirakan akan berangkat bersama Tonnie Cusell.

Divisi III
Tulisan ini sekaligus menyebutkan bahwa klub terakhir Maitimo adalah vv Capelle yang tampil di liga Topklasse. Divisi III KNVB, sama levelnya dengan GVVVnya Tonnie Cusell.
“Baru-baru ini saya menerima undangan dari asosiasi sepak bola Indonesia (PSSI red.) untuk bergabung dengan timnas. Akhir November akan berlangsung turnamen AFF,"  ungkapnya kepada wartawan Edwin Radstaat dari Voetbalprimeur.nl


Naturalisasi
Kepada wartawan terkait mantan pemain Bali Devata FC itu menyebutkan bahwa urusan naturalisasi sedang berjalan. "Mereka sedang mencoba untuk merampungkan pada waktunya, dan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan." 

Ikut Latihan
Raphael Guillermo Eduardo Maitimo juga tidak menutup kemungkinan bahwa proses naturalisasinya baru rampung setelah AFF. "Kalau urusan naturalisasi belum rampung pada waktunya, saya bisa memperkuat Indonesia mulai 2013. Sekarang ini paling tidak, sudah bisa ikut latihan," ungkap pemain kelahiran Rotterdam 17 Maret 1984 itu.
Tawaran Klub
Maitimo menambahkan wahwa dirinya siap menempuh petualangan baru. “Ini tantangan bagus. Saya sangat terpanggil untuk menjalani perkembangan ini. Saya masih muda dan harus memanfaatkan peluang seperti ini." 
Bahkan dia juga menyebutkan sudah ada beberapa tawaran main di liga Indonesia. "Ada beberapa pendekatan dari klub-klub Indonesia, tapi saya ingin lihat dulu."

Sebelum main di vv Capelle, Raphael Maitimo pernah memperkuat FC Dordrecht, FC Bit dari China dan Bali Devata FC di LPI. 

Note: Mohon kalau mau copas mencantumkan sumber dan linknya ya.. trims.
 

6 komentar:

punkgrunge mengatakan...

saat ini Raphael Maitimo 1 tim dengan exs pemain PSIM , Kristian Adelmund di VV Capelle :)

Eka Tanjung mengatakan...

Betul, mereka satu tim. Dan Maitimo sebenarnya baru sekali saja main di tim utama vv Capelle. Kalau Kristian mengapa kembali ke Belanda. Bukankah dia main baik di PSIM??

Ribka AnD tHE bACKbONE mengatakan...

PSIM ada problem financial klubnya bung.

Eka Tanjung mengatakan...

Fenomena menarik dan bisa jadi pr kawan-kawan di Indonesia. Mengapa kok sering terjadi kasus klub-klub yang kesulitan dana. Berapa besar permasalahan ini? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mencegah agar tidak terulang kembali?

punkgrunge mengatakan...

Sama seperti yg dialami klub2 di Indonesia yg sedang menuju tim profesional, selepas tidak diperbolehkannya penggunaan APBD. banyak tim yg kolaps dgn gaji dan keuangan. salah satunya PSIM. PSIM tidak mempunyai dana lagi untuk menggaji Kristian dan 2 pemain asing nya, padahal trio Belanda itu sudah terlanjur mencintai PSIM,Yogyakarta dan masyarakat Indonesia.
saya rasa era sepakbola Indonesia sama spt yg dialami Belanda dgn KNVB nya beberapa tahun yg lampau, memang menuju sepakbola profesional itu tidak semudah membalikkan tangan.

Pasar Ireng mengatakan...

Quote:
Blogger Eka Tanjung berkata...

Fenomena menarik dan bisa jadi pr kawan-kawan di Indonesia. Mengapa kok sering terjadi kasus klub-klub yang kesulitan dana. Berapa besar permasalahan ini? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mencegah agar tidak terulang kembali?

Saya rasa dimanapun bahkan di negara yang ekonominya maju dan industri sepakbolanya baik, hal semacam ini masih terjadi. Apalagi Indonesia yang masih lemah manajerial dan ekonominya