Sabtu, September 08, 2012

Apakah Luciano Narsingh dan Wilfred Bouma Keturunan Indonesia?

Luciano Narsingh

Sepakbolanda menerima beberapa pertanyaan menyangkut status keturunan beberapa pemain Belanda. Pertanyaan itu biasanya membuahkan jawaban langsung dari yang bersangkutan. Kasus sebelumnya terjadi pada Johnny Heitinga. Dia mengakui langsung kepada sepakbolanda bahwa kakeknya lahir di Hindia Belanda. Jadi secara de joure bisa menjadi WNI. 


Pada laga Belanda vs Turki 7 September 2012, Sepakbolanda mencari tahu status Robin van Persie, Luciano Narsingh, Jetro Willems dan Wilfred Bouma. 

Mengenai Robin van Persie, membutuhkan kesabaran lebih jauh, sebab RvP tidak terlalu semangat menemui awak media. Kemarin malam itu juga terbukti. Sepakbolanda akan tetap berusaha mendapatkan jawaban langsung.


 
Mengenai Wilfred Bouma, tidak bisa langsung mendapat jawaban dari mulut yang bersangkutan, karena dia tidak tersaring dalam tim Oranje kali ini. Sepakbolanda menanyakan darah keturunan Bouma kepada rekan satu klub, Jetro Willems dari PSV. "Menurut saya, Wilfred tidak ada keturunan Indonesia. Dia kan ada darah Antila dan Suriname." 

Dengan jawaban itu belum memuaskan rasa ingin tahu, ini baru indikasi saja. Kesempatan lain akan dicoba lagi. "Lha kamu sendiri dari mana?" lontar Sepakbolanda. "Saya keturunan Antila Belanda di Laut Karibia."

Bagaimana dengan Luciano Narsingh yang juga berkulit coklat gelap, mirip kebanyakan pemain dari Indonesia Timur. Warna kulit ternyata bukan segalanya. "Saya keturunan Hindustan Suriname, dan tidak ada keturunan Indonesia atau Jawa," jawabnya.

Sebagai tambahan informasi, di tim utama Feyenoord saat ini tidak ada pemain keturunan Indonesia atau Maluku. Demikian jawab Jordy Clasie ketika ditanya soal itu.

Posting Komentar