Sabtu, Agustus 11, 2012

Joey Suk Menangi Duel Keturunan di Belanda

Duel Joey Suk dan Stefano Lilipaly

Perhelatan antara dua klub diperkuat pemain keturunan Indonesia di liga dua Belanda, dimenangkan oleh Go Ahead Eagles. Joey Suk dan Xander Houtkoop dari formasi Deventer pulang dengan tiga poin penuh.


Bermain tandang ke Almere City FC yang diperkuat dua pemain keturunan Stefano Lilipaly dan Charles Dissels, Go Ahead Eagles menunjukkan kekuatan lebih di segala lini. Tampaknya tim tamu lebih siap menghadapi musim baru kompetisi. 


Empat Keturunan
Seperti sudah diduga, Joey Suk di lini tengah mendapat penjagaan ketat dari Stefano Lilipaly di babak pertama. Sementara itu Chales Dissels menempati posisi striker pantul di Almere City. Dan Xander Houtkoop menguasai sayap kiri dan kanan Go Ahead. 

Lini pertahanan Almere mengalami banyak tekanan dari tim tamu yang didukung seratusan suporter fanatik yang memberi dukungan riuh sepanjang pertandingan. 

Tamu Unggul
Pada menit ke 10' Joey Suk yang lolos kawalan Lilipaly merasuk dan berhadapan dengan kipen Gentenaar dan hampir membobol gawang tuan rumah. Kiper berhasil menepis bola dari garis gawang. 

Pada menit ke 26, kembali pemain keturunan Ambon Belanda, Xander Houtkoop melanjutkan sukses pada pertandingan-pertandingan sebelumnya. Dengan cerdik dia menyambar bola matang umpan dari bek pengalaman Jan Kromkamp (mantan AZ, Villarreal, Liverpool, PSV dan timnas Belanda) yang maju ke depan membantu serangan. 

Kedudukan bertahan hingga turun minum. Padahal sepakbolanda menghitung 10 peluang Go Ahead dan hanya 2 dari Almere City. Merasa ketinggalan, maka tim tuan rumah menurunkan striker tangguhnya Rihario Meulens menggantikan Fabian Serrarens yang tidak banyak bisa berkutik di babak pertama. 

Ketika permainan Almere City lebih ofensif, Go Ahead lebih berbahaya dengan serangan balik yang sangat cepat. Umpan dari bek kiri Go Ahead yang menerobos ke depan disambar Overgoor dengan dada dan mengejutkan kiper Gentenaar, menggandakan kedudukan 0-2. Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang di menit 92'. 

Sepakbolanda mencatat bahwa Go Ahead Eagles lebih siap dalam menghadapi musim baru kompetisi. Permainan Almere City FC baik, namun pertahanan tim tamu lebih solid di bahwa komando kapten Jan Kromkamp. 

Stefano Lilipaly, usai pertandingan tampak kecewa dengan kekalahan ini. Sedianya dia dan seluruh skuad Almere City FC sangat berharap bisa membuka kompetisi dengan angka positif.