Minggu, Agustus 12, 2012

Hadiah Hiburan dari Sergio van Dijk

Sepakbolanda terkejut gembira karena menerima dua kaos ekstra dari Sergio van Dijk. Mengetahui kuis tentang dirinya marak sekali dan mendapat banyak partisipasi, Sergio dari Australia meminta adik kandungnya Danny agar mengirim lagi kaos ke Sepakbolanda untuk dua dari penjawab jitu yang tidak mendapatkan hadiah utama.


Video di bawah ini menunjukkan pemenangnya. Dua kaos keren bermerek "Sixlovesnine" atau "6loves9" adalah disain kakak beradik Sergio dan Danny van Dijk. Selamat semoga senang menerima kaos yang di Belanda populer di kalangan DJ's itu.

Sedikit mengingatkan tentang Segio van Dijk. Dia adalah pemain sepak bola keturunan Jawa-Maluku-Belanda. Saat ini dia aktif di liga Australia bersama Adelaide United FC. Sudah cukup lama ia menyampaikan keinginannya bermain di timnas Indonesia. 

"Bagi saya, main untuk Indonesia, bukan saja harapan saya pribadi. Tetapi juga keluarga nenek yang keturunan Indonesia dan juga ayah (orang Belanda totok red.)  yang ingin melihat saya menyandang merah putih."

Sejak lebih setahun ini dia menyatakan impiannya itu dan penyampaikan kepada pihak di Indonesia. Namun karena berbagai kendala di persepakbolaan Indonesia, impian keturunan ini belum juga terlaksana. 

Si A dan Si B
Menurut pengamatan sepakbolanda ada dua pihak yang sama-sama ingin menjadikan Sergio van Dijk, Joey Suk dan pemain lain keturunan memperkuat timnas Indonesia. Namun demikian tidak ada satu pihak pun yang saat ini mampu melakukannya secara terpisah. Namun sayangnya, mereka sendiri yang tidak mau menyatu untuk bekerjasama.

Tanpa Wewenang
Satu pihak katakanlah A. mampu melakukan kontak pribadi secara intensif dengan Sergio van Dijk dan memiliki kapasitas untuk mengurusi dokumen sehingga urusan sumpah WNI bisa terlaksana. Namun pihak ini tidak lagi memiliki wewenang di organisasi sepak bola nasional PSSI. Si A ini memilih sikap pro-aktif, dan terbukti lebih sukses dalam meyakinkan para pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Tapi si A inipun sekarang sudah tidak banyak bergerak dan membuat para pemain keturunan bingung.

Nunggu Bola
Sementara itu ada pihak B. Mereka ini secara formal saat ini berwenang untuk menggulirkan proses naturalisasi Sergio van Dijk. Namun demikian tampaknya pihak ini tidak mau terlalu banyak menguras tenaga dalam melakukan pendekatan pribadi, seperti yang dilakukan pihak A. Selain itu pihak B ini seakan menerapkan kebijakan "Nunggu Bola." Jadi pemikiran B adalah "Kalau pemain keturunan berniat bermain di timnas Garuda, ya harus mengajukan permohonan itu kepada PSSI." Dengan kata lain B lebih pasif, sehingga para pemain keturunan merasa tidak dibutuhkan.   

Solusi?
Melihat kondisi ini maka sepakbolanda berkesimpulan, proses naturalisasi Sergio van Dijk akan terlaksana kalau A dan B bekerjasama menghimpun kekuatan bersama. Sebab kalau jalan sendiri-sendiri dan dalam situasi kisruh begini, maka naturalisasi pemain kwalitas wahid, tidak akan pernah terlaksana. 

Mari bersama menyusun kekuatan, adakah di negeri ini orang bijak dan berhati besar yang bisa menyatukan si A dan si B? Mengingat usia para pemain keturun yang semakin 'tua' dan 'ketidak jelasan' maka langkah perdamaian harus segera terjalin.
Posting Komentar