Jumat, Juli 20, 2012

Lilipaly, Dissels, Joey Suk dan Houtkoop Gemilang

Empat pemain keturunan Indonesia di Belanda di liga dua Eerste Divisie tampil memukau. Stefano Lilipaly dan Charles Dissels berandil besar di Almere City dan Joey Suk bersama Xander Houtkoop bertanggungjawab dalam mempemalukan klub liga teratas VVV Venlo.


Lilipaly dan Dissels bersama Almere City FC berlaga persabatan dengan FC Hartlepool United dari Inggris. Pertandingan dalam rangka persiapan musim baru digelar di Heiloo, Rabu 18 Juli. Lilipaly dengan nomor "8" dan Charles Dissels "7" adalah dua dari lima pemain baru yang baru bergabung di Almere City asuhan coach Dick de Boer.




Gol Cantik
Almere City menang 3-0. Gol pertama lewat sudulan Rowin van Zaanen di menit 40. Pada sekitar menit 75, Charles Dissels menggandakan kedudukan 2-0, setelah mendapat umpan datar dari Stefano Lilipaly, pemain naturalisasi. Dan Fano yang bermain meyakinkan, menciptakan gol terakhir malam itu dengan tendangan lambung. Video rangkuman pertandingan bisa disimak pada situs Flevo TV

Sehari sebelumnya Joey Suk dan Xander Houtkoop, keduanya pemain keturunan Indonesia juga tampil mengejutkan bersama Go Ahead Eagles. Pada laga persahabatan lawan VVV Venlo, Joey Suk sudah mampu membobol gawang lawan di menit 12. Beberapa saat menjelang turun minum Xander Houtkoop menambah jarak jadi 2-0.


Go Ahead Bagus
Pada babak kedua, VVV-Venlo dari liga Eredivisie makin kerepotan meladeni gempuran Go Ahead yang berlaga di liga dua. Keunggulan makin kokoh setelah Marnix Kolder melengkapi kemenangan dengan de 3-0. Prestasi mantan klub Diego Michiels ini perlu mendapat acungan jempol karena dalam lima pertandingan persahabatan jelang kompetisi 2012-2013, mencetak 58 gol tanpa kebobolan. Lini pertahanan klubnya Joey Suk sangat solid sejak diperkuat pemain kawakan Jan Kromkamp. 


Dua Jeffrey di VVV
Di kubu VVV Venlo sebenarnya ada dua pemain yang juga berdarah Indonesia atau Nusantara. Keduanya bernama depan "Jeffrey." Bek Jeffrey Leiwakabessy yang bermain penuh lawan GA Eagles. Dan bek mantan pemain timnas Junior Belanda, Jeffrey Atlheer yang juga keturunan Indonesia. Altheer tidak diturunkan pada pertandingan lawan Joey Suk karena belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Sangat menarik membayangkan pertandingan perdana musim depan ini antara Almere City FC kontra Go Ahead Eagles 10 Agustus 2012 di Almere. Sulit meduga pemenangnya. Sepakbolanda berharap, mereka bisa menunjukkan performa yang bagus agar bisa menambah kwalitas timnas Indonesia di AFF 2012? 
Posting Komentar