Sabtu, Juni 09, 2012

Tidak Punya Alasan Mendukung Tim Selain Belanda

Hari ini timnas Belanda akan melakoni laga perdana di Euro 2012 lawan Denmark di Karkiv Ukraina. Ribuan supporters Oranje akan menyemut di jalan-jalan kota kedua terbesar di Ukraina setelah Kiev itu. 

Keturunan
Sepakbolanda yang menyaksikan dari jauh, dan merasa harus juga mendukung kesebelasan asuhan Bert van Marwijk. Alasannya sederhana saja, sebab timnas Belanda adalah satu-satunya tim yang dialiri darah keturunan Indonesia, Nusantara atau Hindia Belanda. Pokoknya di tempat yang sekarang namanya Indonesia. Johnny Heitinga dan Robin van Persie memiliki leluhur yang lahir di sana. 

Alasan lain karena pemain naturalisasi kebanyakan lahir di Belanda. Sebut saja Diego Michiels, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Joey Suk, Sergino van Dijk pertama kali menghirup udara dunia di Belanda.

Belum lagi kita bicara tentang hubungan sejarah panjang antar kedua bangsa. Sekolah dasar saya di Ngandul I Sumberlawang adalah bangunan Belanda. Itu kita bicara rasa dan hati yang ingin mendukung.

Tapi kalau sudah soal dugaan dan hitung-hitungan yang muncul bisa berbeda. Sepakbolanda menduga Jerman atau Spanyol, dan bahkan Italia bisa memenangkan turnamen ini. Kwalitas mereka saat ini lebih baik dari Belanda.

Sepakbolanda menanyai beberapa pemain keturunan Nusantara tentang perhitungan mereka negara yang bakal juara Euro 2012. 





Jerman
Jeffrey Talan, pelatih keturunan Indonesia yang juga mantan pemain timnas Belanda itu melihat Jerman lebih berpeluang menjuarai Euro 2012. “Saya rasa Jerman berpeluang besar memenangkan turnamen ini. Mereka memiliki tim kombinasi antara pemain-pemain berbakat dan pengalaman.” Selain itu Talan juga melihat pelatih Joachim Löw, figur yang mampu mengantar Jerman meraih posisi tertinggi di Eropa.

Spanyol

Sementara itu Navarone Foor, pemain timnas Belanda U21 keturunan Maluku punya dugaan ada dua negara yang berpeluang menjuarai turnamen di Polandia dan Ukraina itu. “Saya punya keyakinan Belanda bisa sukses. Tapi Spanyol juga tim yang sangat bagus.”

 


Bukan saja Navarone yang menjagokan Spanyol. Ferd Pasaribu, pemain muda keturunan Indonesia yang pernah bermain di Medan Chiefs LPI juga menduga Tim Matador masih merupakan tim terbaik dunia dan akan menjuarai Euro 2012 juga. 

 

Spanyo dan Jerman

Dylan Zwartjes, pemain keturunan Indonesia di Roda JC Junior mengatakan tiga negara yang paling berpeluang jadi juara: Belanda, Spanyol dan Jerman. “Saya harap tentu saja Belanda yang juara. Tapi dua lainnya Jerman dan Spanyol juga kuat.” Dylan melihat hambatan Belanda justru di putaran grup “Pokoknya kalau Belanda sudah lolos putaran grup, maka peluangnya menjadi sangat besar juara. Tapi lolos dari grup B dulu.” 

 

John Heitinga

Spirit timnas Oranje terasa dari ungkapan John Heitinga, bek tengah Oranje keturunan Indonesia. John Heitinga berangkat ke Ukraina dengan tujuan meraih gelar tertinggi. "Kami punya perasaan, bahwa generasi Oranje sekarang ini mampu meraih gelar juara,” demikian pilar Oranje di jantung pertahanan.
Posting Komentar