Sabtu, Juni 09, 2012

Jejak Belanda di Hari Pertama Euro 2012

Kejuaraan sepak bola antara negara Eropa, Euro 2012, telah dimulai 8 Juni 2012. Hari pertama ditandai dua pertandingan di Grup A. 
  • Polandia - Yunani 1-1. 
  • Rusia - Republik Ceko 4-1.
Wojciech Szczesny
Sepakbolanda tidak melihat ada pemain keturunan Indonesia pada dua duel ini. Lebih dari itu tidak ada pemain Belanda yang beraksi di grup A. Jejak Belanda sedikit terlihat di tim Polandia dan Rusia. Przemyslaw Tyton adalah penjaga gawang Polandia yang menjadi dewa penyelamat. Kiper cadangan dari PSV Eindhoven itu diturunkan setelah kiper utama Wojciech Szczesny diganjar kartu merah. Tyton yang baru diturunkan, berhasil mematahkan tendangan pinalti Yunani. Sehingga kedudukan berakhir imbang 1-1.

Dick Advocaat
Selanjutnya jejak Belanda terasa pada tim Rusia. Permainan cepat yang diperagakan ketika menghabisi Republik Ceko, adalah strategi racikan Dick Advocaat, pelatih Belanda. Tim Rusia tampil percaya diri, fit dan sangat dominan. 

Pengamat di Belanda yang menyaksikan pertandingan Rusia - Republik Ceko itu menyaksikan 'karya'  Advocaat pada permaian Rusia.




Bahkan beberapa kalangan sempat cemas bilamana Belanda sampai bertemu lagi dengan tim Rusia, yang ditukangi pelatih Belanda. Empat tahun lalu Belanda ditangani Marco van Basten kalah dari Rusia asuhan Guus Hiddink (1-3.) Sejarah ditakutkan bisa terulang lagi di babak perempat final: Ketemu lagi dengan Rusia kali ini tempaan Dick Advocaat, lagi-lagi asal Belanda. Tapi ini masih sebuah spekulasi jarak jauh. 

Fakta hari ini pelatih Belanda kembali menunjukkan kebolehannya dalam mengolah tim bisa tampil atraktif. Belanda beruntung karena pasca Euro 2012 ini, Dick Advocaat kembali ke Liga Eredivisie melatih PSV Eindhoven. Kemungkinan besar akan bekerjasama dengan Wojciech Szczesny, pahlawan Polandia hari ini.
Posting Komentar