Rabu, Juni 13, 2012

Euro2012: Hitung-hitungan Hasil Belanda vs Jerman

Mark van Bommel dan kawan-kawan mendapat komando untuk menang dari timnas Jerman. Hanya hasil maksimal yang bisa membuat tim kebanggaan Negeri Tanah Rendah ini untuk membuka peluang lebih besar lolos Grup B.


Kalau menang maka timnas Oranje, punya jalan lapang. Tapi bagaimana kalau tidak menang? Apakah langsung tersingkir? Berikut ini kemungkinannya.

Situasi A: Belanda Menang
Kemenangan menjamin timnas Oranje tetap berpeluang besar lolos delapan besar. Maka Belanda bisa sejajar dengan Jerman, dengan perolehan angka 3. Bahkan bisa mengungguli Jeman kalau selisih golnya dua atau lebih. Jika Belanda menang, maka hasil pertandingan Denemark-Portugal tidak terlalu berpengaruh. Kalau berhasil menundukkan Jerman, maka kemenangan atas Portugal sudah pasti menjamin lolos. Masalah akan muncul kalau Denemark menang dari Portugal dan para pertandingan pamungkas Grup B, Denmark dikalahkan Jerman. Dalam hal ini Denmark, Jerman dan Belanda sama-sama mengumpulkan enam angka. Urutan pertama dan kedua ditentukan oleh selisih gol. 


Situasi B: Belanda Seri Dengan Jerman
Kamis dini hari WIB ini Belanda sedikit diuntungkan karena mereka sudah tahu hasil laga Denmark kontra Portugal. Kalau Denemark kalah, maka hasil imbang lawan Jerman belum merugikan. Dalam hal ini Van Persie dan kawan-kawan harus menang lawan Portugal di pertandingan terakhir, tapi Belanda masih tetap tergantung pada hasil pertandingan Jerman-Denmark. Jika Jerman menang (untuk menjamin juara grup,) maka Belanda bisa lolos kalau menang dari Portugal. Tapi kalau malam ini Denmark seri atau menang dari Portugal maka Belanda tidak terlalu diuntungkan dengan hasil seri dari Jerman. Dalam hal itu, maka Jerman dan Denmark bisa 'sepakat' main seri untuk keduanya lolos 8 besar. Belanda dan Portugal pulang kampung. 


Situasi C: Belanda Kalah dari Jerman
Sekalipun bila Oranje kalah, belum otomatis harus pulang kampung. Tapi nasibnya sangat tergantung pada pertandingan lainnya. Syaratnya Denemark kalah dari Portugal. Dan Denemark juga akan kalah dari Jerman, sementara Belanda menang dari Portugal. Maka Jerman sudah pasti lolos. Tiga lainnya sama-sama meraih tiga angka. Hitungannya adalah timnas yang memiliki selisih gol terbanyak Denemark, Portugal atau Belanda yang lolos. Kalau Denmark main seri atau menang dari Portugal maka Belanda terpelanting. 



Situasi mana yang akan terjadi?
Posting Komentar