Kamis, Mei 31, 2012

Wow..Timnas U19 China Tampil di Belanda

China mengirim timnasnya ke turnamen sepak bola internasional Gestion Copa Amsterdam antara 1-3 Juni 2012 ini. Sebuah gebrakan timnas Asia yang berani unjuk kebolehan dengan klub-klub besar dunia. 

Indonesia tidak mengirimkan timnasnya. Tapi jangan berkecil hati karena diwakili pemain keturunan Indonesia, Oliver Rifai atas nama AZ Alkmaar, akan menjajal kekuatan tim China. Bagi pemain keturunan kelahiran Amsterdam itu, laga bersama AZ adalah terakhir kalinya sebelum meninggalkan Alkmaar menuju klub barunya.

Kepada Sepakbolanda, Oliver Rifai menyatakan akan bermain maksimal untuk meninggalkan prestasi muaskan di turnamen ini. "Ini laga-laga terakhir saya di AZ, jadi saya ingin tampil maksimal. Sebelum saya memulai di klub baru." Demikian ungkapnya tanpa membeberkan nama klub barunya.



Media officer Bart van Essen kepada sepakbolanda mengatakan bahwa organisator sangat gembira dengan partisipasi timnas China. "Untuk pertama kali China mengirimkan timnya di turnamen kami ini. Ini sebuah kebahagian." Timnas Asia ini akan bersaing dengan klub-klub ternama dunia yang terbagi dalam dua poule:

POULE A
  • AFC Ajax Amsterdam
  • Panathinaikos FC Yunani
  • Ajax Cape Town Afrika Selatan
  • Besiktas JK Turki
 POULE B
  • AZ Alkmaar 
  • Cruzeiro EC Brasil  
  • Botafogo FR Brasil 
  • China National Team.
Turnamen Internasional
Gestion Copa Amsterdam adalah turnamel internasional tingkat usia sampai 19 tahun.Sejak 2010, turnamen tahunan ini digelar di stadion bersejarah Olympia Amsterdam. Kejuaraan musim panas ini merupakan gagasan Sander Mallie dan Arnoud Lips. Berkat partisipasi klub-klub ternama dunia, maka turnamen itu menarik banyak pengunjung. Gestion adalah sponsor utama turnamen junior ini.


Awalnya turnamen Copa Amsterdam ini digelar di lokasi lain di kompleks FC Blauw-Wit Amsterdam dari (2005-2009), sejak 2010 pindah ke Stadion Olimpia sampai sekarang. Sepakbolanda akan menghadiri turnamen di Stadion Olimpia ini.


Stadion Bersejarah
Di Belanda stadion ini bernama "Olympisch Stadion" dibangun pada tahun 1927 oleh arsitek Jan Wils atas perintah NOC (Komite Olimpiade Belanda.) Stadion yang dilengkapi dengan pacuan atletik itu memang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1928. Sembilan tahun kemudia 1937, stadion itu diperluas dengan lapangan sepak bola sebagai kandang FC Amsterdam.

Pada tahun 2000, stadion ini dipugar menjadi lokasi even-even besar dan menjadi lokasi bagi museum olah raga Olympic Experience Amsterdam. Selain itu 30an perusahaan juga berkantor di kompleks ini.
Posting Komentar