Selasa, Mei 01, 2012

Tonnie Cusell Memilih Tetap Berkarir di Belanda


Tonnie Cusell perpanjang kontrak di GVVV. Berita ini sekaligus membantah berita di media Indonesia tentang rencana Cusell ke PSMS Medan ISL. 


Berbagai media Belanda Topklasse.com, website klub GVVV dan juga koran regional Veenendaal melaporkan perpanjangan kontrak ini. Tonnie Cusell di GVVV, memasuki musim keduanya di klub Veenendaal yang aktif di Topklasse zaterdag, liga Tiga Belanda. Pihak klub menawarkan perpanjangan kontrak Kamis 26 April lalu, sebagai bukti kepercayaan pada winger ini. 

Winger Bagus
Koran lokal de Veenendaalsekrant menyebut bahwa Tonnie baru enam bulan terakhir bisa menunjukkan kuwalitas sebenarnya. "Perpanjangan kontrak ini sangat wajar. Sebab dalam 11 pertandingan Cusell telah mencetak 3 gol dan memberikan tiga umpan matang. Untuk ukuran winger, itu sangat bagus" demikian tulis Veenendaalsekrant. 


Foto: orange-pictures.nl
Tonnie sendiri menyambut baik tawaran ini. "Saya puas dengan tawaran yang diberikan. Tidak butuh waktu lama untuk berpikir. Kedua belah pihak menyatakan ingin lanjut." 

Sebelumnya sempat muncul keraguan tentang masa depan sepupu Stefano Lilipaly di GVVV, karena cukup lama cedera. "Saya memang sempat cedera beberapa bulan. Baru benar-benar bisa main pasca jeda musim dingin (Januari red.) Sejak itu baik klub maupun saya pribadi melihat perkembangan baik. Itulah alasan kami memperpanjang kontrak.’’
 

Tonnie Cusell juga merasa nyaman bermain di GVVV. "Ini adalah klub yang menyenangkan. Banyak alasan tetap di sini. Tahun ini target kami adalah bertahan di papan tengah. Kami berhasil bertahan di peringkat 5. Tahun depan kita usahakan bisa meraih tempat tertinggi,’’ ungkap Tonnie kepada Topklasse.com

PSMS Medan
 Mengenai berita tentang tawaran dari PSMS Medan ISL, Tonnie beberapa hari sebelumnya menyebutkan tawaran itu belum konkrit. "Saya tidak mendapat tawaran langsung dari klub (PSMS red.) Mendengar dari pihak ke tiga. Saya tidak kenal klub ini, main di mana, siapa saja pemain dan pelatihnya," demikian Tonnie kepada Sepakbolanda.com

Media Belanda juga tahu bahwa Tonnie Cusell sudah menjalani sumpah naturalisasi dan dipanggil memperkuat timnas Indonesia. "Tidak mengherankan, sebab dia adalah salah satu pemain keturunan Indonesia yang paling berbakat di liga Belanda. Sejauh ini Tonnie masih menunggu debutnya di timnas Indonesia," ungkap de Topklasse.com

Kepada sepakbolanda.com Tonnie mengatakan mendapat undangan dari PSSI untuk turnamen Al-Nakbah di Palestina atau persahabatan lawan Inter Milan di Jakarta. "Saya sendiri siap dipanggil untuk membuat timnas menjadi kuat, asal urusan administrasi dengan klub juga bisa dipenuhi," Baca artikel sebelumnya.


Opini
Sepakbolanda menilai, pilihan yang tepat bagi Cusell untuk tetap bermain di Belanda. Ia bisa tetap mempertajam skill level Belanda dan sekaligus bisa memenuhi panggilan timnas Indonesia jika dibutuhkan.

Tonnie Cusell sudah menjalani karir panjang di dunia sepak bola Belanda. Sebelumnya bermain di RKC Waalwijk, Vitesse, AZ, FC Twente dan FC Hilversum. 

Tulisan serupa di Sepakbolanda:
Posting Komentar