Jumat, Mei 04, 2012

'Jos Luhukay Berhenti Melatih Augsburg'

Jos Luhukay pelatih Belanda keturunan Maluku mundur dari jabatan sebagai pelatih klub liga utama Jerman, Augsburg. Berita tersebut muncul dari media Jerman, Sport Bild

Penyebabnya konon karena perbedaan pandangan dengan pimpinan klub. Luhukay sebenarnya masih mengantongi kontrak sampai medio 2013.
              
Pihak Augsburg sendiri masih menolak berkomentar tentang berita ini. “Sejauh ini belum ada keputusan. Kami akan mengumumkan segera."

Di Augsburg sebenarnya Luhukay cukup berjasa. Berkat dirinya Augsburg mempertahankan posisinya di Bundesliga. Berikut ini sejarah singkat Jos Luhukay yang lahir di Venlo, 13 Juni 1963.

Luhukay mengawali karir nya 1978 dan dikenal sebagai pemain VVV Venlo. Hanya antara 1982 - 1983 ia sempat pindah ke klub amatir VOS di Venlo. Sebagai pemain Luhukay juga pernah bermain di liga Jerman, Bundesliga, KFC Uerdingen 05.

Setelah 20 tahun aktif sebagai pemain, ia akhirnya mengakhiri karir tahun 1998. Kemudian dia menjadi pelatih SV Straelen. Sepanjang karirnya ia melakoni 169 laga dan mencetak 36 goals.

Luhukay juga sempat menjadi pelatih klub sepakbola Jerman, Borussia Mönchengladbach, mulai awal Februari 2007. Pelatih keturunan Ambon itu memegang jabatan terhormat sampai akhir musim kompetisi ini. Pelatih kelahiran Belanda itu menggantikan Jupp Heynckes yang dipecat.

Pada 24 Maret 2009 Luhukay dikepercayai menjadi pelatih kepala musim 2009 - 2010 di FC Augsburg, di liga dua Bundesliga. Pada karirnya tahun pertama di FC Augsburg ia langsung mengangkat klub ini ke urutan ke 3 liga kedua.
 

Di musim 2010/11,Jos Luhukay sukses mengantarkan Augsburg meraih promosi ke Liga Tertinggi Bundesliga. Untuk pertama kali klub ini meraih liga tertinggi di Jerman.
Posting Komentar