Sabtu, Agustus 27, 2016

Jawaban: Ryan Sanusi Keturunan Indonesia?

Ryan Sanusi adalah salah satu nama pemain Willem II Tilburg yang terdengar agak Indonesia. Tapi apakah dia memang keturunan Indonesia? 

Eka Tanjung dari sepakbolanda menemui Ryan usia pertandingan pembukaan Liga Teratas Belanda, de Eredivisie antara SPARTA Rotterdam - Ajax Amsterdam.


Ryan kepada Sepakbolanda memastikan bahwa dirinya bukan keturunan Indonesia. "Memang sering saya mendapat pertanyaan seperti ini sehubungan dengan nama belakang saya (Sanusi red.)" paparnya kepada Eka Tanjung.


"Ibu saya Belgia dan ayah Nigeria.  Ayah saya datang ke Belgia dalam rangka kuliah dan bertemu dengan ibu. Saya masih punya satu adik perempuan. Orang tua berpisah ketika saya berusia 11 tahun."

Pebola berbakat kelahiran Borgerhout Belgia, 5 Januari 1992 itu namanya mencuat setelah menandatangani kontrak empat tahun di Willem II Tilburg, terhitung sejak 2011. Gelandang berbakat ini menjadi perhatian karena perkembangannya yang pesat, dia sebelumnya bermain di tim junior Germinal Beerschot, Belgia. 

Manager teknis Willem II, Marc van Hintum puas dengan kwalitas Sanusi. "Ryan begitu gigih berlatih. Perkembangan yang positif berbuah kontrak jangka panjang." Van Hintum menduga Sanusi punya 'masa depan cerah.'

Sepakbolanda menilai Willem II adalah pilihan yang tepat bagi Sanusi, sebab klub Tilburg ini baru menang final Play-Offs dalam perebutan tiket ke liga tertinggi Eredivisie. Jadi mulai musim depan ini Sanusi dan Willem II akan tampil di liga tertinggi Belanda.

Paroh 2015, Sparta Rotterdam mengambilalih Sanusi dari Willem II. Ia memiliki andil besar dalam membawa Sparta menjuarai Jupiler League dan promosi ke Eredivisi liga tertinggi Belanda. Kontraknya di Rotterdam sampai 2018.


Keturunan Indonesia?
Eka Tanjung dari Sepakbolanda sudah melakukan pencarian sejak empat tahun silam. Bertanya kepada Rene Vermetten, Press Officer Willem II. Lewat telepon dengan sepakbolanda mengatakan bahwa dirinya tidak yakin dia keturunan Indonesia. "Kalau mendengar namanya, sih mungkin saja dia punya darah Indonesia. Tapi menurut info yang saya dapatkan, dia keturunan Kongo." Sekarang semuanya telah terjawab. Ryan Sanusi tidak punya darah Indonesia.

Posting Komentar