Rabu, April 18, 2012

Pemilik Charleroi Menyangkal Nego Dengan Bakrie

Berita media Belgia tentang kemungkinan pembelian klub sepak bola Charleroi (baca: Syar-le-roa ) dari Abbas Bayat pengusaha Persia (Iran) ke keluarga Bakrie, masih disanggah pemilik klub.


Menyangkal
Koran Sudpresse melaporkan bahwa Bayat menyangkal telah hubungan dengan keluarga Bakrie. Dari tempatnya di Amerika Serikat, Abbas Bayat menyanggah sedang negosiasi dengan investor Indonesia.



Jamuan Makan Bersama
Kepada koran Sudpresse ia mengatakan: "Saya tidak pernah berbicara dengan Mr. Bakrie dan saya tidak akan mengenalinya kalau bertemu di jalan. Hubungan saya dengan Wezet (Visé)? Dua pekan lalu saya makan bersama dengan ketika klub kami main tandang ke sana." 




Siapa Abbas? 
Abbas Bayat, pengusaha keturunan Persia kelahiran 14 Juli 1947 di Teheran, merupakan pemilik Charleroi sejak 12 tahun. Bayat berasal dari dinasti terpandang di Iran, kakeknya Morteza Gholi Bayat, adalah mantan Perdana Menteri. Keluarga besarnya punya pabrik susu terbesar Iran.

Minuman Ringan
Bayat mengenyam pendidikan sekolah menengah di Inggris dan melanjutkan studi di Columbia University, Amerika Serikat. Ia sempat kembali ke Iran, tapi akhirnya pergi lagi karena revolusi Islam Iran 1979. Bayat memiliki berbagai perusahaan minuman seperti Sunland (jus buah), Duke (air), Lim'Oh (minuman ringan), Parasol (minuman segar) dan Aquaforce (minuman olahraga).


Sejak paroh 2000, ia mengambil alih saham klub sepak bola Royal Club Sporting Charleroi di Liga Belgia. Ia menempatkan kemenakan di puncak pimpinan Mogi (manajer olah raga) dan Mehdi Bayat (manajer marketing). Tahun lalu ia untuk kali pertama mengalami pukulan berat karena Charleroi terdegradasi ke liga dua. Belum pernah terjadi sejak tahun 1985.

Hampir Pasti 
Setelah naik kembali ke Liga Tertinggi Belgia, adalah moment yang tepat untuk dilepas tanpa harus banting harga. Mungkin Bayat sekarang masih menolak membuka jati diri calon pembeli. Tapi kalau melihat dia yang memang berniat melepas Charleroi dan media Belgia sudah menyebut keluarga Bakrie berada di "poleposition" serta ditambah lagi bahwa kedua pengurus klub sudah makan malam bersama, maka menurut amatan sepakbolanda, hanya keajaiban yang bisa menghalangi transaksi ini.

Artikel terkait:
Bakrie Tampaknya akan Beli Charleroi 
Posting Komentar