Sabtu, April 21, 2012

Media Belanda Ngaco Soal Van Beukering

Sepekan ini redaksi Sepakbolada.com kaget dengan berita di media online Belanda tentang Jhonny van Beukering. 


Sedikitnya 5 media menyebut bahwa striker Pelita Jaya keturunan Belanda itu mencetak dua gol pada pertandingan lawan Gresik United yang berakhir (4-0) untuk Pelita.


ELFVoetbal menyebut "Jhon van Beukering mempersembahkan dua gol pertamanya sebagai pemain FC Pelita Jaya. Gol pertamanya lewat tendangan jarak jauh. Dan gol kedua juga tendangan kaki. Pemain cadangan ini mencetak gol pada kemenangan 4-0 atas Gresik United."Media ini menyebut sumbernya: De Gelderlander.



BlogFeyenoord juga mengangkat berita keliru ini: "Mantan-pemain Feyenoord, Jhonny van Beukering mempersembahkan gol pertamanya untuk FC Pelita Jata. Ahad lalu dia dua kali mencetak gol lawan Gresik United, dengan skor akhir 4-0." Blog ini menampilkan berita tanpa sumber.





Sumber Kesalahan
Tampaknya sumber kesalahan ini muncul dari de Gelderlander. Media ini memang paling sering memberitakan perkembangan Jhonny van Beukering dan kakaknya Denny van Beukering pelatih klub amatir Presikhaaf. Sepakbolanda mengirimkan komentar di de Gelderlander untuk meluruskan pemberitaan keliru itu dan memohon agak menggunakan azas cek dan kroscek. 

Sepakbolanda menyesalkan, karena masih banyak saja berita-berita yang diluncur di media online baik di Indonesia maupun Belanda yang asal melepas berita tanpa menyandarkan sumbernya. Di Indonesia muncul berita tentang Lilipaly yang akan ke Persebaya. Sementara Lilipaly kepada Sepakbolanda menyatakan tidak tahu sama sekali tentang hal itu. 

Kepada kawan-kawan media dan pemberi berita, sepakbolanda mengimbau: mari kita membangun sepak bola dengan berita yang benar!
Posting Komentar