Kamis, Juni 12, 2014

Pemain Termuda Timnas Belanda, Kelahiran Medan

Saat ajang Piala Dunia menggelora, Sepakbolanda menggali kembali ikatan kejuaraan mondial sepakbola dengan Indonesia. 


Pemain termuda sepanjang sejarah timnas Belanda, lahir di kota Medan Sumatra Utara. Apakah Medan menyimpan rahasia sukses sepak bola?

© voetbalstats.nl
Jan Gualtherus van Breda Kolff berusia 6282 hari (17 tahun lewat sedikit) ketika diturunkan pada laga persahabatan lawan negara jiran Belgia, 2 April 1911. Usia debutnya lebih muda dari Patrick Kluivert, Ryan Babel dan Jetro Willems.

Hingga saat tulisan ini diturunkan dia tetap merupakan pemain termuda yang melakukan penampilan perdana, sepanjang sejarah timnas Belanda.

Jan van Breda Kolff, lolos seleksi timnas Belanda itu sebagai pemain klub HVV Den Haag, tapi dia lahir di Medan Sumatra Utara. Ketika itu Medan masih merupakan bagian dari Hindia Belanda.

Abadi
Menurut analisa Sepakbolanda.com, rekor yang ditancapkan pada 2 April 1911 di stadion Dordrecht itu, akan sulit ditumbangkan karena rekornya ganda. 

Pada laga itu Jan mencetak gol kedua untuk kemenangan Belanda 3-1 atas tim tamu. Gol itu sekaligus merupakan satu-satunya pula yang dicetak Jan dari 11 kali memperkuat timnas Belanda.

Wingman 
Sepakbolanda menemukan tulisan sejarah tentang terciptanya gol itu. "Jan van Breda Kolff, the wingman mencetak gol setelah melakukan dribble yang cemerlang."

Jan van Breda Kolff lahir Kamis 18 Januari 1894  di Medan. Meninggal Jum’at 6 Februari 1976  di West Chatham, Massachusetts Amerika Serikat dalam usia 82 tahun.

Dia tidak pernah kembali ke Medan. Setelah usai karir amatir sepak bola di Belanda, dia bertolak ke Amerika Serikat dan bekerja sebagai bankir atau stockbroker.

Bakat olah raga masih diturunkan kepada putra dan cucunya di negeri Paman Sam. Sepakbolanda menemukan bahwa putranya Butch van Breda Kolff dan cucunya bernama Jan van Breda Kolff adalah mantan pemain basket yang cukup bagus. Selain itu Jan sang cucu juga menjadi pelatih bola basket.

Rahasia Medan
Mungkin saja Medan ikut berperan dalam mensukseskan karir olah raga dinasti Van Breda Kolff. Jadi cukup alasan untuk melakukan pendalaman lebih jauh di Medan sendiri. Barang kali pada Bika Ambon, Terong Belanda atau buah Markisa asli Medan terkandungan rahasia sukses sepak bola. Horas!

Posting Komentar