Rabu, Maret 21, 2012

Navarone Foor, Pemain Keturunan Berkwalitas

Navarone Chesney Kai Foor, pemain muda kelahiran 4 Februari 1992 ini, keturunan Belanda-Maluku. Namanya mencuat sejak terpilih sebagai Man of the Match pada laga N.E.C. kontra FC Twente Ahad 11 Maret.


Gelar itu berkat penampilan yang berani dan gigih. Bersama N.E.C. Navarone mempermalukan tim tangguh FC Twente dengan 3-1. Performa baiknya terus dipertahankan sampai pertandingan tandang ke VVV Venlo. Ia melepaskan umpan-umpan matang dan gerakannya sangat gesit. 


Kiri ke Kanan: Cayfano Latupeirissa, seorang fan dan Navarone Foor
Beberapa kali gelandang kiri ini mampu mengecoh lawan dalam melakukan serangan balik. Melihat progresi yang dilakukan pemain dari kota Elst itu, dia masih akan sangat dibutuhkan pelatih Alex Pastoor untuk setiap laga NEC.



Publik pencinta sepak bola pun mulai mengenal nama Navarone Foor.  Di forum-forum dan Facebook ramai membicarakan pemain bernomor punggung [25] itu. Publik di Belanda menduga tidak lama lagi Navarone akan direkrut klub besar Belanda, seperti PSV.

Sementara itu di Indonesia, publik juga seperti sudah menemukan satu lagi calon pemain yang laiak dinaturalisasi. Apalagi melihat gersangnya prestasi timnas Indonesia dan menyandang getir luka dibantai 10-0 di Bahrain. Impianpun mulai meliar. Bahkan ada yang berandai kalau saja Navarone bisa dinaturalisasi.



Kepada Sepakbolanda.nl, Navarone dengan ramah mengatakan dirinya merasa tersanjung dengan perhatian publik baik di Belanda mapupun di Indonesia. "Itu bagus, saya senang mendengarnya," ungkap punggawa timnas Belanda, U-20 itu.

Navarone (8), bersama Oranje U-20, menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-0 atas Denmark.. 
-Oranje-
Kwalitas baiknya tidak terlewatkan radar pantauan bakat untuk timnas Belanda. Pada Mei 2010 ia menjalani pertandingan debut di timnas Oranje U-19. Setelah usianya menjelang 20 tahun pun pelatih Oranje U-20, Adrie Koster masih memanggil Navarone untuk gabung di Belofte Oranje.


-Kisah Nama-
Pemain sepakbola berbakat kelahiran kota Opheusden, 4 Februari 1992 memiliki darah campuran Belanda dan Maluku. Nama depan Navarone, konon diambil dari judul filem "The Guns of Navarone."  Sementara itu nama belakang Foor juga tidak sepenuhnya murni. Sebab nama keluarga sebenarnya adalah For. Namun karena petugas pencatatan sipil Belanda tidak mengerti maka ditulisnya Foor.
Posting Komentar