Rabu, Januari 25, 2012

Aji Santoso Bisa Lihat Langsung ke Belanda

Ketika membaca berita bahwa Aji Santoso, pelatih kepala tim nasional penasaran dengan kualitas dan permainan Stefano Lilipaly. Djenol langsung mikir, kenapa juga tidak langsung ke Belanda saja!

Aji Santoso di berita tersebut menanggapi penampilan pemain naturalisasi Belanda yang bermain cemerlang pada laga FC Utrecht vs PSV Eindhoven yang berakhir 1-1, 22 Januari 2012.
Pelatih baru timnas dikutip mengatakan “Saya sangat penasaran, ingin tahu permainannya. Saya mendengar ia mencetak gol dan juga menjadi pemain terbaik dalam pertandingan itu. Secara pribadi belum pernah menonton langsung aksi Lilipaly di lapangan."


Nah, ini sebuah pembukaan dan djenol punya solusi mantap. Ini sebenarnya sudah lumrah dilakukan para pelatih timnas negara-negara lain. Yaitu mendatangi stadion tempat pemain incaran berlaga.

Contoh: Pelatih Belanda, Bert van Marwijk mengirim asistennya melihat penampilan pemain incaran untuk timnas Oranje pada pertandingan Club Brugge lawan Birmingham City untuk memantau Ryan Donk, center back, Oktober 2011.

Hal yang dihindari adalah memanggil Donk ke lapangan KNVB di Zeist untuk lari-lari dan latihan fisik serta dites menggiring bola. Itu tidak perlu lagi, karena sebuah penghinaan. Mereka sudah tidak perlu diajari lagi untuk itu.



Video yang di atas gol perdana Lilipaly di Eredivisie dari pertandingan FC Utrecht-PSV Eindhoven 22 Januari 2012.



Ke Belanda

Nah dalam kasus Stefano Lilipaly sudah semustinya Aji Santoso datang ke Belanda memantau Lilipaly main dengan FC Utrecht, karena di situ dia bisa tampil maksimal. Kalau sudah di Belanda tentu saja akan terbuka wawasan dan jaringan untuk mendekati dan berkenalan dengan empat atau lima pemain lain yang juga berpotensi untuk main di timnas.


Di Belanda dia bisa menyaksikan blasteran lain berlaga. Umpamanya Tom Hiariej, Ard van Peppen, Leroy Resodihardjo, Mark van der Maarel dan lainnya.
Khusus mengenai Stefano, di sini ada dua video dari Youtube yang kiranya bisa memberikan gambaran:





Video pertandingan final piala KNVB untuk tim muda klub besar Belanda, Maret 2011.
Lilipaly pakai nomor 39.



Posting Komentar