Kamis, Desember 22, 2011

Sejarah Hitam Sepak Bola Belanda

 
Gilee, pertandingan babak perdelapan final Piala KNVB antara AZ Alkmaar vs Ajax Amsterdam dihentikan karena pemain AZ meninggalkan lapangan. 21-12-2011
Mereka merasa tidak aman karena kiper AZ Esteban diserang seorang supporter Ajax. Wasit malah mengganjar kiper dengan Kartu Merah dengan alasan melakukan perlawanan terhadap agresi. Memang dalam tayangan televisi tampak bahwa penyerang melakukan tendangan terhadap kiper AZ. Dengan cermat kiper menghindar dan bahkan melakukan pembalasan dengan menendang dua kali ke arah penyerang. 
 
Belakangan terbukti pelaku berusia 19 tahun dan menyatakan benci terhadap kiper AZ. Dia diduga mengonsumsi alkohol ketika melakukan ulahnya. 
Gara-gara ulah satu orang, merugikan puluhan ribu lain yang datang untuk menyaksikan pertandingan seru. Belum pernah sebelumnya hal seperti ini terjadi di Belanda. Publik sepakbola Belanda terkejut.
Kasus sekarang ditangani oleh dua instansi. Polisi soal pidana terhadap pelaku. Dan KNVB sebagai asosiasi sepakbola nasional. 
Mengenai pertandingannya sendiri yang dihentikan pada menit ke 37, akan diputuskan. 
 Ada tiga opsi.
1. Pertandingan diselesaikan, mulai dari menit 37.
2. Pertandingan dihentikan dengan kedudukan seperti sebelum insiden. Ajax unggul 1-0.
3. Atau ketiga adalah sanksi terhadap Ajax karena tidak bisa memberi jaminan keamanan kepada tim tamu.

Hasilnya akan diumumkan sebelum Natal. Mario Been, pelatih Genk Belgia, menyebutkan bahwa ini adalah "Sejarah Hitam Sepak Bola Belanda."  Memang ini belum pernah terjadi sebelumnya.
Menurut djenol sih, ini sebenarnya insiden bernuansa Amerika Latin. Kiper Esteban Alvarodo berasal dari Kostarika.
Posting Komentar