Sabtu, Desember 03, 2011

EURO 2012: Lawan-lawan Belanda di Grup B

Kesebelasan Belanda lagi-lagi masuk Grup maut dalam ajang tertinggi Piala Eropa. Pada Euro 2012 di Ukraina dan Polandia, Oranje masuk grup B bersama Jerman, Polandia dan Denmark. Sebagai penghuni grup B maka Oranje bermain di Charkiv Ukraina.

Jadwal pertandingan Timnas Oranje:
Belanda-Denmark (Charkiv Ukraina, Sabtu 9 Juni, 23:00 WIB)
Belanda - Jerman (Charkiv Ukraina, Kamis 14 Juni, 01:45 WIB)
Portugal - Belanda (Charkiv Ukraina, Senin 18 Juni 2012, 01:45 WIB)

WIB = (Waktu Indonesia Barat) 


JermanLawan paling berat bagi Oranje adalah Jeman. Tim panser ini sangat tangguh, terbukti bulan November lalu, timnas Belanda kalah 3-0 pada pertandingan persahabatan. Selain itu Jerman adalah negara pertama yang lolos kwalifikasi Euro 2012 ini dengan angka sepurna, menang semua pertandingan. 

Pada Euro 2008 lalu Jerman kalah di final dari Spanyol. Tim Matador Spanyol ini dipandang sebagai terkuat di benua Eropa. Pertandingan resmi terakhir antara Oranje lawan Jerman pada Euro 2004, di tahap grup dan berakhir dengan kedudukan imbang 1-1.
DenmarkTim Skandinavia ini menurut Sepakbolanda paling lemah di grup B. Oranje bermain terakhir lawan Denmark pada Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 lalu. Tim asuhan Bert van Marwijk mengalahkan Denmark 2-0.

Portugal

Selecção das Quinas baru belakangan memastikan diri lolos babak akhir Euro 2012, setelah melewati Play-offs lawan Bosnia-Herzegovina. Tapi dua kali terakhir Oranje harus mengakui keunggulan Portugal. Semi-Final Euro 2004, Oranje kalah 1-2. Dan Piala Dunia, Oranje kalah 1-0 di babak perdelapan final.
Sepanjang sejarah Belanda sering mengalami kesulitan lawan Portugal. Kedua negara sudah bertemu sebanyak 10 kali, dan Belanda hanya menang 1 kali saja.

Sepakbolanda mencacat bahwa Euro 2012 ini bukan kali pertama Oranje berada di Grup Maut. Pada Euro 2008 lalu Belanda juga berada satu grup dengan Prancis dan Italia, dan Belanda secara mengejutkan menyingkirkan lawan tangguh ini.

Sementara itu pada Piala Dunia 2006, Belanda juga berhadapan dengan Serbia, Pantai Gading dan Argentina. Tapi Oranja akhirnya lolos ke babak selanjutnya. 


Kalau Mark van Bommel dan kawan-kawan mampu lolos dari cengkraman grup maut ini maka lawan berikutnya lebih enteng. Di perempat final akan berhadapan dengan juara pertama atau kedua dari Grup A yang relatif lebih ringan. Kemungkinan Rusia asuhan Dick Advocaat, pelatih asal Belanda. Atau tuan rumah Polandia, Yunani atau Republik Ceko. 
Grup A: Polandia, Yunani, Rusia dan Republik Ceko
Grup B: Belanda, Denmark, Jerman dan Portugal
Grup C: Spanyol, Italia, Irlandia dan Kroasia
Grup D: Ukraina, Zwedia, Prancis dan Inggris
Posting Komentar