Senin, November 21, 2011

Uang Dari Jakarta Masuk, PSV Berangkat

Klub kondang Belanda, PSV Eindhoven akhirnya memutuskan berangkat ke Indonesia, Januari 2012 mengikuti turnamen Segi Tiga. Sekarang tinggal menantikan kepastian garansi bank dari pihak pengundang Indonesia.


Sebelumnya media di Indonesia sudah panjang lebar memberitakan tim kandidat juara Liga Belanda ini ke Indonesia. Pekan lalu Sepekbolanda.nl sudah memberitakan "PSV masih butuh sepekan untuk mengambil keputusan."

Jarak Jauh
Walaupun harus menempuh perjalanan panjang akhirnya pelatih PSV,  Fred Rutten menerima juga permintaan pihak manager PSV. Sedianya sempat ada kecemasan, jarak yang terlalu jauh bisa menguras stamina pemain menjelang paroh kedua kompetisi Eredivisie. 


Perjalanan udara selama 16 jam bisa sangat melelahkan. Sedangkan persaingan berebut tempat teratas di liga Belanda sangat sengit. Saat Sepakbolanda.nl menurunkan tulisan ini PSV berada di posisi 2 di bawah AZ Alkmaar. 




"Sekarang tinggal menantikan garansi bank dari pihak penyelenggara di Indonesia," demikian Voetbal Internastional (VI.) Majalah Sepak bola terbesar Belanda ini menyebutkan salah satu lawan PSV nanti adalah timnas yang dilatih Wim Rijsbergen. 

Demi 3 M
Padahal sumber di Indonesia mengatakan PSV akan dijajal oleh team Indonesian All Stars. Menurut djenol, VI hanya menyimpulkan saja bahwa di Indonesia cuman ada satu timnas dan hanya ada satu liga tertinggi. Di kebanyakan negara di bumi ini memang demikian, tapi di Indonesia "Bisa Segalannya, dan Segalanya Bisa."  Bagi PSV, siapapun lawannya tidak masalah yang penting akomodasinya memadai dan dapat uang saku juga.

VI menyebutkan PSV akan mendapat masukan dana sekitar  250.000 euro atau sekitar 3 M dari dua laga di Jakarta itu. Djenol juga menemukan data bahwa event organisator di Indonesia juga menanggung beaya transportasi dan akomodasi selama skuad dan staf PSV berada di Indonesia.   

Uang sebesar itu bagi PSV pun sangat welcome, karena klub kondang Belanda ini baru saja mengalami kesulitan anggaran dan Mei 2011 lalu mendapat bantuan pinjaman dana lunak dari Pemda Eindhoven. Djenol sambil tepok jidat, wah ternyata di Belanda pun APBD dipakai untuk sokong klub Sepak bola.

Portugal Bisa
Jadi tidak heran ketika management PSV sejak awal sudah antusias dengan undangan dari PSSI ini, tapi pelatih Fred Rutten sempat ragu karena alasan teknis. Akhirnya ia pun tunduk juga demi pemasukan ekstra. Sekarang tinggal menantikan voorschot di bank, kalau urusan laga di Jakarta gagal. PSV masih punya pilihan untuk menjalani latihan di Portugal. 


Diego MichielsKalau PSV datang dan bertandingan dengan Team Indonesian All Stars, bisa menarik sekali. Mungkin saja Diego Michiels tampil juga melawan PSV. Bagi Diego itu sebuah impian untuk menjajal striker PSV, seperti Ola Toivonen atau Jeremain Lens. Karena ini jeda musim dining, bisa jadi Joey Suk dan Lilipaly juga dikasih ijin klub mereka untuk tampil di Jakarta. Semoga!
Posting Komentar