Selasa, November 01, 2011

Joey Suk Masih Kalah Dari Suk Korea

Di kompetisi Belanda dua pemain bernama "Suk." Yang pertama adalah Joey Suk, gelandang Go Ahead Eagles di liga kedua Tweede Divisie. Satu lagi adalah Hyun-Jun Suk, striker jangkung asal Korea Selatan yang aktif di liga utama eredivisie, FC Groningen. Suk Korea lebih bagus dari Suk Indonesia.
Joey Suk disebutkan punya leluhur berasal dari Indonesia. Dengan usia yang masih muda, (8 Juli 1989) dan postur 185 cm serta berat 82 kg menjadikan Suk cocok untuk timnas Garuda U-23.

Pemain kelahiran Deventer sudah terikat kontrak profesional di Go Ahead sejak 2008/9.Tapi tidak selalu dapat jatah di diturunkan di tim inti, karena dinilai tidak selalu konstan. Kadang sangat bagus, dan ada kalanya sangat tidak mencolok. Sementara persaingan lini tengah di Go Ahead sangat ketat.

Walau demikian kwalitasnya sangat mumpuni untuk timnas Indonesia. Joey Suk yang mendapat julukan "Sukkie" itu sudah beberapa kali ikut latihan dengan timnas U-23, tapi belum benar-benar memutuskan untuk mengambil paspor Indonesia. Masalah yang masih mengganjal pada Joey adalah kontraknya di klub Deventer itu sampai 2013.


Pekan lalu dia menjadi sorotan karena gol Joey berkontribusi dalam menyingkirkan Fayenoord dari piala KNVB (2-1.)



Tapi Suk 'Indonesia' masih kalah saing dengan Suk Korea,  Hyun-Jun Suk yang sekarang bermain di Groningen sejak musim 2011/2012. Sebelumnya di Ajax Amsterdam setahun, tapi hanya 3 kali dipasang di tim inti. Ia rekrutan dari Yong-In FC Korea.


Publik Belanda memujinya karena produktivitas yang tinggi. Striker panggilan "Sukie" itu mendapat julukan Bruce Lee karena mampu memetik bola di ketinggian 2 meter.

Video ini yang membuat Suk mendapat julukan Bruce Lee:



Ia memiliki keunggulan fisik dan teknis yang kuat dan didukung tinggi badan 195 cm, sehingga tidak heran kalau itu sudah mencetak 3 goal di Groningen dalam empat laga. Keempatnya sebagai dengan jatah 20 menit setiap kali.

Pelatih Groningen dan fans di Belanda Utara sangat menyukai Bruce "Suk" Lee ini. Bukan saja golnya tapi juga kerjakerasnya. Untuk sementara Joey Suk masih kalah saing dari Suk Korea. 


Suk adalah pebola ke delapan Korea yang pernah menjajal  liga teratas Belanda, Eredivisie. Para pendahulunya:
  • Huh Jung-moo (PSV 1977,) 
  • Noh Jung-Yoon (
  • NAC Breda 1998/99,) 
  • Song Chong-Gug (feyenoord 2003-2005,) 
  • Kim Nam-il (Excelsior 2002/03,) 
  • Lee Young-pyo (PSV 2003,) 
  • Park Ji-sung (PSV 2002-2005,)
  • Lee Chun-soo (Feyenoord 2007/8.)



Posting Komentar