Selasa, November 08, 2011

Ard van Peppen Keturunan, Jadi Kapten di Eredivisie

Ard van Peppen adalah pemain keturunan Indonesia Belanda yang menjadi kapten di RKC Waalwijk. Ibunya asal Jakarta dan ayah Belanda. Lahir di Delft, 26 Juni 1985 dan punya pemikiran bahwa kalau para pemain keturunan dikumpulkan untuk memperkuat timnas Indonesia. Menurut sepakbolanda ini luar biasa!

 

Tahun 2010 lalu, Ard van Peppen kontak dengan Jhon van Beukering, pemain keturunan, mengenai kesebelasan nasional Indonesia. "Dua tahun lalu memang sempat terlintas, karena ibu orang Indonesia, pada usia yang masih sangat muda pergi ke Belanda."   

Paspor Singa vs Garuda
Dengan garis keturunan ini sebenarnya dia bisa memperkuat timnas Garuda. "Ini bisa menjadi pengalaman yang berharga kalau bisa membela negara lawan Uruguay umpamanya. Tapi setahu saya, Indonesia tidak mengijinkan paspor ganda. Dan saya tidak akan menukar paspor Belanda saya."

Dua kakinya hidup, bek kiri tapi kaki kanan juga bisa bikin goal. Video ini buktinya, Ard van Peppen # punggung 5.

Kenangan Indonesia
Van Peppen punya kenangan ketika pertama kali ke Indonesia, di usia 12 tahun. Bersama orang tua dan kakak perempuan, liburan tiga minggu di Indonesia. "Bagi saya semuanya indah. Menyaksikan orang utan di hutan. Negeri kepulauan itu punya tempat-tempat yang sangat indah. Ketika di Jakarta, berdiri di depan rumah keluarga ibu dahulu. Ketika itu terbayang, jika saya lahir dan besar disini.”


Banyak Bek
Membayangkan untuk bergabung bersama dengan sesama pemain keturunan dalam satu tim. Dengan Sigourney Bandjar, bek RKC Waalwijk yang punya darah Jawa. Menyebut Timisela dari VVV dan Justin Tahapary dari Eindhoven. Bersama mereka bisa membentuk tim tangguh. Van Peppen heran mengapa kebanyakan pemain keturunan menduduki posisi bertahan. “Ada baiknya untuk menyelidiki alasannya."

 


Jalan Karir 
Amatir di klub DHC (Delfia Hollandia Combinatie) dan lima tahun di Sparta dan Vitesse Delft. Juli 2004 menandatangani kontrak prof pertama di Jong Feyenoord yang ketika itu dilatih Mario Been.
   
Setahun kemudian  April 2005, ia disewakan ke Excelsior. Musim 2005/2006 langsung juara bersama tim utama Excelsior Rotterdam. Musim panas 2006, pindah ke De Graafschap, dengan kontrak dua tahun. Di de Graafschap pun van Peppen menjadi juara.

Musim dingin 2007/2008 disewakan ke Excelsior Rotterdam. Ia promosi juga dengan SBV Excelsior. Mulai
2010/2011 Van Peppen memperkuat lini kiri belakang RKC Waalwijk yang akhirnya juga menjadi juara Liga Dua, de Jupiler League. Sejak 2011/2012 ia bersama RKC berlaga di liga Utama de Eredivisie, kontraknya 3 tahun di Waalwijk. sepakbolanda

 Musim  Klub  Divisi
 2004/05  Feyenoord  Jong
 2005/06  Excelsior  Eerste
 2006/07  Graafschap  Eerste
 2007/08  Graafschap  Eredivisie
 2007/08  Excelsior  Eredivisie
 2008/09  Excelsior  Eerste
 2009/10  Excelsior  Eerste
 2010/11  RKC Waalwijk  Eerste
 2011/12  RKC Waalwijk  Eredivisie
Posting Komentar