Jumat, Oktober 28, 2011

Joey Suk Ikut Singkirkan Feyenoord

Pekan ini kejutan di persepakbolaan Belanda terjadi di Deventer. Tim tuan rumah Go Ahead Eagles mengalahkan Feyenoord Rotterdam dalam ajang putaran ke tiga Piala KNVB. Pemain keturunan Joey Suk punya andil dalam duel spektakuler itu.

 

Disaksikan 6500 an penonton, Go Ahead unggul di menit ke 7 berkat tendangan datar Joey Suk dari jarak 20 meter. Bola sempat menyentuh kaki bek lawan dan akhirnya menembus jala pojok kanan gawang Feyenoord yang dijaga Kostas Kamprou.

Unggul satu gol, tim asuhan Joop Gall kemudian memilih bertahan dan mengandalkan serangan balik. Walaupun tim tamu dari Rotterdam mendominasi permainan, tapi mereka jarang menciptakan peluang. 

2-0Bahkan di menit ke 60 an, Suk dan kawan-kawan menggandakan kedudukan menjadi 2-0. Marnix Kolder memanfaatkan pinalti, setelah dirinya dijatuhkan Otman Bakkal di kotak pinalti.

Ketinggalan 2-0 memaksa Feyenoord harus kerja keras dan bermain sungguh-sungguh. Tapi semua bola yang menghujani gawang Go Ahead berhasil dihalau kiper Van der Vlag yang tampil bagus. 

Namun demikian ia tidak bisa menghalangi gol Ron Vlaar, di menit 89: 2-1. Walau terus menekan namun tim asuhan Ronald Koeman tidak bisa menyamakan kedudukan hingga wasit Bramhaar meniup peluit panjang.

Salah satu kunci kekuatan pertahanan Go Ahead, menurut analisa Djenolgoal karena dikomandoi Jan Kromkamp ex-pemain Oranje yang pulang kandang di Deventer menjelang pensiun. Maklum usianya sudah 31 tahun, tapi CB masih cukup bermanfaat untuk Go Ahead.

Di Belanda memang sudah lumrah kalau pemain kembali ke klub 'awal' menjelang pensiun seusai melanglang buana. Mereka menganut pepatah "Setinggi-tinggi bangau terbang... "

Hasil 2-1 ini memiliki tiga dimensi catatan. Pertama Feyenoord yang berlaga di divisi utama, kandas di tangan Go Ahead dari divisi dua. 

Catatan kedua, karena belum lima hari sebelumnya Joey Suk dan timnya, mengalami kekalahan menyakitkan di kompetisi Jupiler dari Sparta Rotterdam (4-1).

Ketiga, Feyenoord sendiri di kompetisi tertinggi Belanda berhasil menahan dan mempermalukan Ajax di stadion ArenA Amsterdam (1-1.) Feyenoord tampil sangat bagus dan sebenarnya lebih lumrah kalau menang dari Ajax, akhir pekan lalu itu.

Dan kalau dipaksakan masih ada catatan ke empat. Mengapa dengan kwalitas Joey Suk yang bagus itu tidak membuat PSSI sekarang melakukan upaya lebih keras merayu gelandang tangguh itu untuk bergabung dengan Garuda?

Kalau saja pemain-pemain keturunan yang merumput di Belanda ini bisa direkrut untuk timnas Indonesia, maka sekarang kita sudah unggul di Grup pra Piala Dunia 2014 dan tinggal memikirkan pertandingan lawan Korea, Australia atau Jepang. 


Artikel terkait:  

Posting Komentar