Rabu, Oktober 05, 2011

Gio Bangsawan Belanda Asal Maluku

Giovanni van Bronckhorst dan empat mantan pemain tim nasional Belanda Oranje mendapat gelar kehormatan dari Asosiasi Sepak Bola Belanda, KNVB. Penyerahan lencana kehormatan dilakukan langsung Ketua KNVB, Michael van Praag, Rabu 5 Oktober 2011. Untuk kedua kali Gio mendapat gelar bangsawan.





Edwin van der Sar, Frank de Boer, Ruud Gullit, Giovanni van Bronckhorst dan Phillip Cocu dipandang punya kontribusi besar selama bertahun-tahun bagi persepakbolaan Belanda.

"Mereka ini merupakan wajah penting di timnas Oranje selama 25 tahun," tegas Van Praag seraya mensejajarkan gelar ini dengan gelar dari kerajaan ."Mereka adalah duta Oranje."

Gullit menyandang pita kapten timnas Belanda pada tahun 1988 ketika Oranje meraih gelara Juara Euro 1988 di Jerman.  Sementara itu empat lainnya dihargai karena lebih 100 kali membela timnas Oranje Edwin van der Sar 130 caps sebagai pemegang rekor. Ronald de Boer 112 kali membela timnas, Giovanni van Bronckhorst 106 dan Philip Cocu 101 kali membela timnas Merah-Putih-Biru. 

Bagi Giovanni van Bronkhorst, gelar ini bukan kali pertama. Pada 12 Juli 2010 usai Piala Dunia 2010 lalu Giovanni van Bronckhorst dan pelatih Bert van Marwijk juga mendapat gelar bangsawan kerajaan Belanda, "Ridder in de orde van Oranje Nassau."
Posting Komentar