Kamis, September 08, 2011

Siapakah Tonnie Cusell Yang Akan Dinaturalisasi


Salah satu pemain keturunan Belanda yang segera mendapat paspor Indonesia adalah Tonnie Cusell Lilipaly. Siapakah pria  28 tahun yang sudah punya jam terbang panjang itu?


Track-Recordnya bahkan cukup bisa dibanggakan. Sejak Juni 2011 gelandang serang ini bermain di GVVV klub Veenendaal yang aktif di divisi tiga, de Topklasse. Sebelumnya dia bermain di FC Hilversum yang juga berlaga di Topklasse, Liga ketiga di bawah Eredivisie dan Eerste Divisie.


Karir Panjang
Pria satu anak lahir 4 Februari 1983 itu memiliki karir panjang. Ia sudah menjajal berbagai klub di Belanda baik di liga utama maupun liga kedua. Perjalanan karir sejak remaja dari Vitesse Arnhem, RKC Waalwijk, FC Twente, AFC Amsterdam , FC Hilversum dan sekarang GVVV.



Sepakbolanda.com menilai Tonnie Cusell Lilipaly memiliki kecepatan bagus dan passing yang matang. Tidak jarang pula dia melesakkan gol dari kiri pertahanan lawan. Walau tubuhnya tidak terlalu tinggi dibanding rata-rata pemain Belanda, tapi skill penguasaan bola cukup bagus.

Umpan Matang
"Lagi-lagi Tonnie Cusell membuktikan betapa umpan-umpannya sangat matang. Tiga assistnya membuahkan tiga gol mengantar kemenangan FC Hilversum atas HBS," demikian bunyi berita media Belanda mengenai Cusell yang berandil besar dalam kemenangan klubnya.

Berbeda dengan Stefano yang datang hanya untuk urusan timnas U-23 saja, Tonnie Cusell justru membuka kesempatan main di Indonesia "Selama 12 hari ini saya ingin melihat kemungkinan menemukan klub di Indonesia. Kalau cocok ya saya main di Indonesia," ungkap ayah satu anak itu kepada Sepakbolanda.com


Suka Indonesia
Bagi Ton, panggilan akrabnya, Indonesia bukan negara yang asing. Dia sudah beberapa kali ke Indonesia berlibur ke Bali. Dia sangat menyukai makanan dan keakraban orang Indonesia. Kepada Sepakbolanda.com, Ton menuturkan sudah ada pendekatan dengan beberapa klub di Indonesia tanpa membeberkan nama. "Tunggu saja perkembangannya, nanti pasti dikasih tahu," demikian ungkap pria yang memfavoritkan Gianfranco Zola.


Bahkan pada pertemuan dengan Iman Arif awal 2011 di Jakarta disepakati untuk mengajukan permohonan paspor Indonesia. "Dan Cusell juga berminat melanjutkan karir sepakbolannya di Liga Indonesia. Segera setelah paspor jadi dan dipanggil maka dia akan langsung datang," demikian Stefano Lilipaly mengenai sepupunya Tonnie.

Tautan:
Sumber: Radio Nederland

Posting Komentar