Senin, September 19, 2011

John Heitinga Ingin Segera ke Tanah Leluhur Indonesia

Sepakbolanda berhasil menemukan jawaban dari pertanyaan yang selama ini menggelayuti para pencinta sepakbola Indonesia. Apakah Robin van Persie dan John Heitinga adalah keturunan Indonesia? Satu pertanyaan sudah terjawab.

Dugaan pencinta sepakbola Indonesia tentang Johnny Heitinga ternyata benar. Bek tangguh timnas Belanda dan Everton FC itu membenarkan dirinya keturunan Indonesia.

John Heitinga menyampaikan kepada Sepakbolanda bahwa dirinya benar punya darah Indonesia. "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta."  Jawaban ini menghapuskan segala keraguan dan simpang siur tentang status keturunan pemain nasional Belanda yang aktif di Everton FC Inggris itu.

Belitung-Jakarta
Ronald Heitinga, paman Johnny dalam bincang telepon dengan Radio Nederland membenarkan ke-Indonesiaan ini. Gijsbert Johannes Heitinga kakek John berasal dari Pulau Belitung. Rob ayah John lahir di Jakarta. Keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda akhir tahun 1950an. "Kami enam bersaudara semuanya laki-laki. Empat lahir di Jakarta dan dua di Belanda. Kami pindah ke Belanda tahun 1959."



Ingin ke Indonesia
John adalah satu-satunya, keturunan ke tiga Heitinga yang menjadi pemain sepak bola. John Gijsbert Alan Heitinga itu menyadari dirinya tidak bisa bahasa Indonesia tapi secara bathin punya hubungan dengan negara kelahiran ayahnya, Rob. "Saya kadang mengikuti perkembangan sepakbola Indonesia, publik di sana sangat antusias sekali ya," tuturnya kepada Sepakbolanda.

Defender kelahiran 15 November 1983 itu mengatakan dapat masukan dari keluarga dan juga info tentang sepak bola Indonesia dari Giovanni van Bronckhorst yang tahun ini baru melawat ke Indonesia. Tampaknya latar belakang garis keturunan dan perkembangan sepak bola Indonesia mendorong pria kelahiran Alphen aan den Rijn itu untuk mengunjungi tanah leluhur.


Awal tahun 2011 kakeknya Joop Heitinga sempat berkunjung ke Indonesia bersama putra bungsunya Andy. Mereka mendapat kesan sangat baik tentang Indonesia. Andy menuliskan perjalanan di website biro perjalanan. "Sayang sekali pemandu wisata ke Bandung kurang mengenal tempat-tempat zaman Hindia Belanda. Buat ayah saya (Joop) juga sulit mengenali kembali tempat-tempat lama, karena sudah berubah setelah 53 tahun. Tapi kami sangat puas..."

Musim Dingin
Sementara bagi John, kunjungan ke Indonesia menjadi yang pertama kali. Ayah dua anak yang akrab dipanggil "Johnny" ini kepada RNW mengatakan akan secepatnya berkunjung ke Indonesia. "Saya akan ke Indonesia dalam waktu dekat ini." Ia masih akan melihat celah di tengah kesibukan timnas Oranje dan kompetisi Inggris. Kemungkinan pada akhir tahun, saat jeda kompetisi musim dingin Eropa.



Sumber: Radio Nederland
Posting Komentar