Kamis, Februari 10, 2011

Charles Dissels, Maluku-Suriname, Cocok Untuk IPL atau ISL

Charles Dissels merupakan pemain sepak bola yang perlu diamati. Bukan saja karena ibunya Maluku, tetapi striker blasteran ini punya daya gedor mumpuni. Cocok untuk Indonesia.


Striker rambut rasta ini berdarah campuran Surinam dan Maluku. Sejak Juli 2010 ia bermain di FC Volendam lagi setelah tiga tahun bermain di Sparta Rotterdam. Di kota pelabuhan Volendam, Dissels hanya terikat kontrak satu tahun. Jadi di akhir kompetisi 2010/11, Charles Dissels bisa bebas kontrak dan menjadi menarik untuk liga Indonesia.  

Timnas Garuda?
Radio Nederland menghimpun beberapa rekaman gol-gol pebola kelahiran Amsterdam, 12 Desember 1984 itu. Gambaran betapa dia seorang striker yang sangat lengkap dan bisa menyemarakkan liga Indonesia. Atau bahkan timnas Garuda.


Pada pertandingan lawan FC Den Bosch, Dissels menciptakan gol-gol cerdik. Dari jarak jauh dia melepaskan bola lambung dan mengelabuhi kiper lawan. 

Dennis Bergkamp
Penyerang berukuran 182 cm ini secara fisik kuat dan punya intensitas menerobos jantung pertahanan lawan. Ditopang kecepatan tinggi dan penguasaan bola yang bagus, menjadikan pemain ini cocok untuk serangan balik. Bahkan salah satu golnya mirip ciptaan legendaris Belanda, Dennis Bergkamp.


Masih menjadi pertanyaan apakah dia berminat main di Indonesia. Bukan saja pertimbangan rumputnya, tetapi pertimbangan liganya LPI atau ISL. Dua liga yang selalu bertanding di luar lapangan, sehingga bisa sangat membingungkan pemain keturunan, yang masih gelap soal Indonesia.