Senin, September 27, 2010

RTVOost Wawancara Jhon van Beukering

Jhon van Beukering lahir 29 September 1983 di Velp adalah pemain sepakbola keturunan Indonesia-Belanda. Saat ini ia memperkuat klub Go Ahead Eagles dari Deventer, dengan kontrak amatir. Sebelumnya Van Beukering pernah memperkuat Vitesse Arnhem, FC Zwolle, De Graafschap dan N.E.C.

Media Indonesia dan Belanda, serta kalangan mencinta sepakbola sangat ingin tahu apakah Van Beukering benar-benar bisa bermain dengan timnas Indonesia.

Pada 23 September ia diwawancara TVOost mengenai tawaran baru dari delegasi sepakbola Indonesia, PSSI.

Get Microsoft Silverlight

Beriku ini terjemahaan wawancara dengan Jhon van Beukering.

Wartawan [W] Saya bersama dengan pemain nasional Indonesia, selamat ya!?

Jhon van Beukering [JvB]: hehehe .. terima kasih. Benar sekali, tapi masih harus menunggu pertandingan resmi. Tapi kemarin mereka (wakil PSSI) datang ke sini Go Ahead (stadion Go Ahead Eagles red.). Mereka bilang ingin mengajak saya bergabung tanggl 8 dan 12 Oktober. Sekarang saya masih menunggu surat panggilan resminya.

W: Nanti mendapat lawan-lawan yang menarik?

JvB: Memang, Uruguay dan Honduras. Mereka lawan yang lumayan bagus, Uruguay urutan empat di Piala Dunia 2010. Honduras juga bagus, kalau tidak salah. Jadi, pertandingan yang menarik.

W: Sebelumnya kamu juga sudah dipanggil untuk gabung dengan timnas Indonesia (2009), tapi gagal ya?

JvB: Benar, karena saya sudah pernah memperkuat Jong Oranje. Waktu itu kalau sudah sekian banyak memperkuat kesebelasan junior satu negara, maka tidak boleh ikutan lagi negara lain. Tapi ternyata aturan itu sudah berubah. Jadi saya nantikan saja, bagaimana hasilnya.

W: Apa yang kamu tahu tentang kesebelasan nasional itu (timnas Indonesia red.)?

JvB: Sejujurnya, hanya sedikit. Kebanyakan bermain di liga Indonesia sendiri. Ditambah beberapa pemain dari Belanda, atau yang pernah bermain di liga Belanda.

W: Apa ikatan kamu dengan negara itu? (Indonesia red.)

JvB: Kakek dan nenek saya berasal dari sana. Separoh kakak ibu saya lahir di sana. Jadi, sangat menarik untuk melihat bagaimana situasi di sana.

W: Kami merasa lebih sebagai orang Belanda atau Indonesia?

JvB: Tentu saja saya lebih sebagai orang Belanda. Seumur hidup saya di sini. Tapi tentu saja saya juga ingin melihat sisi lain (dari saya red.)

W: Kamu sudah beberapa kali memperkuat tim junior Oranje, tapi kemungkinan dipanggil di tim senior sangat kecil kan?!

JvB: Tentu saja kita harus realisitis. Kalau ada tawaran semacam ini (dari Indonesia red.) harus disambut dengan dua tangan terbuka.

W: Sampai dengan pertandingan persahabatan (8 Oktober lawan Uruguay di Jakarta red.), GO Ahead Eagles masih menjalani dua pertandingan kompetisi. Besok malam lawan RKC, apa harapan kamu?

JvB: Itu adalah pertandingan yang penting, karena kami sudah dua kali menelan kekalahan, jadi sudah saatnya kita menang lagi. Harus siap dari awal, dan kemungkinan jadi pertandingan seru, besok.

W: Apakah kamu akan dipasang besok?

JvB: Saya tidak tahu, kamu harus tanya sama pelatih. Itu bukan wewenang saya, jadi saya tidak tahu.

Sayang sekali Go Ahead Eagles teamnya Van Beukering kalah lagi dari RKC Waalwijk pada pertandingan tingkat atas Liga Jupiler 3-1.
Posting Komentar