Selasa, Juni 24, 2008

Sosok Pelatih Oranje Yang Baru

Beberapa hari setelah terjungkal di babak perempat-final di tangan Rusianya Guus Hiddink, kehidupan bola Belanda bergulir lagi seperti biasa. Para pembola Oranje menikmati lebih dini liburan, sebelum kembali ke kandang klubnya masing-masing. Pelatih Marco van Basten seperti sudah diumumkan, berhenti melatih Oranje dan menyandang tugas baru melatih Ajax Amsterdam. Tugas pembesutan timnas Oranje menuju Piala Dunia 2010, berada di pundak Bert van Marwijk. Siapa sosok yang menggantikan Marco van Basten ini?

Mantan Pebola
Bert (Lambertus) van Maarwijk lahir di kota Deventer 19 Mei 1952. Mantan pemain depan dan tengah ini pernah memperkuat Go Ahead Eagles, AZ, MVV dan Fortuna Sittard. Ia juga pernah sekali memperkuat timnas Belanda. Ketika masih di Go Ahead Eagles 30 Mei 1975 Van Marwijk terseleksi masuk timnas Belanda untuk pertandingan persahabatan lawan Yugoslavia. Oranje yang dilatih George Knobel, di stadion Partizan Beograd itu kalah 3-0. Itulah satu kalinya Van Marwijk bermain untuk kesebelasan nasional Belanda.

Mulai 1 Juli 2008 Melatih Oranje
Ia mengakhiri karir aktif sebagai pemain bola tahun 1988, dan sejak itu terjun sebagai pelatih. Sukses pertamanya sebagai pelatih diraih bersama Feyenoord merebut Juara UEFA Cup 2002. Musim panas 2004 melatih klub Jerman, Borussia Dortmund sampai Desember 2006. Beberapa bulan kemudian van Marwijk kembali ke Feyenoord Rotterdam dengan kontrak dua musim. Namun rencana itu tidak pernah terlaksana karena baru satu musim Van Marwijk sudah keburu ditawari KNVB, PSSInya Belanda, dan langsung diumumkan pada 31 Maart 2008 sebagai pengganti Marco van Basten, mulai Juli 2008. Dalam setahun dia berhasil mengantar Feyenoord meraih KNVB-Cup.

Test Pertama Lawan Guus Hiddink
Van Marwijk untuk pertama kali tampil sebagai pelatih timnas Oranje pada pertandingan persahabatan lawan tim Rusia asuhan Guus Hiddink, di Moskow 20 Agustus 2008. Susunan pemain Oranje di bawah asuhan Bert van Marwijk masih belum ketahuan secara rinci. Namun sudah bisa dipastikan tanpa kiper Edwin van der Sar, yang pensiun dari Oranje. Dan tidak akan lama lagi Oranje diperkuat oleh Mark van Bommel, pemain tengah Bayern Munchen yang diabaikan Marco van Basten. Walaupun ia menantu Van Marwijk, semoga kembalinya Mark van Bommel ke Oranje murni pertimbangan sportif. djenol-div
Posting Komentar