Rabu, Juni 04, 2008

Irfan Belum Dapat Kabar Dari PSSI


Bincang dengan Irfan Bachdim, pemuda Indonesia yang bermain di FC Utrecht Belanda, soal Apakah sudah ada kontak dari PSSI untuk kemungkinan main di timnas Indonesia, Bagaimana Irfan melihat masa depan? Obrolan Bahasa Belanda dialih bahasakan ke Indonesia:

Djenol Sepakbolanda [DS]: Apakah selama ini sudah ada pihak PSSI yang menghubungi?

Irfan Bachdim: Tidak ada ..sejak tim U23 latihan di Belanda, belum ada kontak lagi dari pihak PSSI.

DS: Apa rencana kamu untuk musim kompetisi mendatang ini?
IB: Pada dasarnya saya tetap main di tim FC Utrecht 2 (satu di bawah tim utama red.) Tapi kalau bisa secepatnya naik ke tim utama. Saya harus membuktikan mampu main di tim tertinggi itu, dan juga berharap ada ke mujuran ada kesempatan menggantikan pemain yang absen.

DS: Bagaimana status kontrak kamu di FC Utrecht?
IB: Sekarang ini saya sudah memiliki kontrak profesional di FC Utrecht, dan itu sampai akhir musim kompetisi tahun depan. Juga masih ada kemungkinan diperpanjang.

DS: Kalau tahun depan juga tidak ada kesempatan untuk main di tim utama FC Utrecht, apakah kamu tidak berfikir untuk pindah klub?
IB: Ya saya sudah cukup lama juga memikirkan itu. Karena kalau ingin berkembang, jangan sampai seterusnya hanya bermain di tim 2 saja. Mencari kemungkinan untuk disewakan atau dipinjamkan ke klub lain. Insiatifnya harus dari pemain sendiri.
Jadi dalam hal ini saya harus mendekati klub lain dan menawarkan diri untuk disewa dari FC Utrecht.

DS: Apakah kamu mau seandainya disewakan ke sebuah klub di Liga Indonesia?
IB: Ya.. bisa saja.. tapi untuk perkembangan saya, mungkin perbedaan level antara satu klub dengan yang lain terlalu besar. Ini tidak menunjang perkembangan saya. Lebih baik di Belanda saja.

DS: Klub mana yang kemungkinan kamu minati?
IB: Kalau saya boleh milih mugkin sebagai langkah awalnya FC Volendam. Klub ini baru saja promosi lolos ke Liga Eredivisie. Peluang saya untuk bisa main di tim utama lebih besar ketimbang di FC Utrecht.

DS: Apakah ada rencana ke Indonesia dalam waktu dekat ini?
IB: Belum ada, kecuali kalau ada panggilan dari PSSI untuk latihan bersama timnas U23 atau lainnya.

Menjawab pertanyaan apakah ada kemungkinan bagi kawan-kawan di Indonesia berkirim email japri langsung ke Irfan. Dia dengan senang hati ingin menerimanya. Alamat email Irfan bisa diperoleh lewat djenol. Kirimkan email ke djenol[at]hotmail.com Sebagai catatan: mohon dalam bahasa Inggris atau Belanda, karena bahasa Indonesia nya masih minim. ET-IB
Posting Komentar