Rabu, Juni 04, 2008

Irfan Bachdim Jagokan Belanda dan Prancis


Didesak rasa ingin tahu kabar baru Irfan Bachdim, pemuda Indonesia yang bermain di FC Utrecht Belanda, akhirnya ku sambar gagang telepon dan pijit nomor HP Irfan, Jumat pagi, 30 Mei. Perbincangan spontan selama 20 menit itu menyisakan berbagai kabar yang pantas disimak: Apakah sudah ada kontak dari PSSI untuk kemungkinan main di timnas Indonesia, Bagaimana Irfan melihat masa depan. Untuk sekarang kita sorot dulu siapa menurutnya yang bakal menang Euro 2008?

Djenol Sepakbolanda [DS]: Ini kan sedang tidak ada kompetisi di Belanda. Mo ngapain aja selama liburan?
Irfan Bachdim [IB]: Ah.. belum ada rencana khusus, di rumah saja.

DS: Apakah kamu mengikuti perkembangan menuju Euro 2008 di Swiss dan Austria?
IB: So pasti..

Jagokan Prancis dan Belanda
DS: Siapa menurutmu yang akan jadi juara Euro 2008?
IB: Wah sulit sekali untuk menebaknya.

DS: Apakah Jerman berpeluang jadi juara?
IB: Saya rasa Jerman bisa menjangkau babak lanjut, tapi tidak akan sampai menjadi juara.

DS: Spanyol?
IB: Tidak, karena Spanyol ‘tidak pernah’ memenangkan turnamen besar.

DS: Portugal?
IB: Tidak juga, karena tim ini hanya bersandar pada satu orang saja, Christiano Ronaldo.

DS: Lalu sopo dong?
IB: Saya khawatir Prancis akan jadi juara, tapi saya juga punya feeling kuat Belanda akan bisa lolos, walau dengan susah payah, putaran Grup C dan melaju sampai final.
Sebab Belanda memiliki barisan depan dan tengah yang bagus. Trio Real Madrid Ruud van Nistelrooy, Wesley Sneijder dan Arjen Robben bisa bikin kejutan.

Ketajaman Ruud van Nistelrooy di ujung tombak. Ditopang Robben di kiri yang juga bisa membahayakan pertahanan lawan. Robben memulai turnamen ini masih segar karena cukup istirahat dan hampir tidak main selama kompetisi lalu di Real Madrid. Lalu dibelakangnya trobosan Wesley Sneijder. Belum lagi di kanan ada Robin van Persie.

Defensi Belanda Lemah
IB: Kelemahan Belanda terletak di lini pertahanan. Mereka terlalu lembut dan kurang ‘keras’. Oranje butuh pemain belakang model Jaap Stam atau Marco Materazzi (Italia red.) Masih untung defender Khalid Boulahrouz dipanggil lagi masuk Oranje, menggantikan Ryan Babel yang cedera. Sebab hanya Boulahrouz yang bisa bermain ketat. Berani men-tackle atau ngeblock lawan. Defender type Jhon Heitinga masih kurang keras dan Joris Mathijsen terlalu manis dan hati-hati.

DS: Bagaimana dengan anggapan yang menyebutkan bahwa Euro 2008 ini akan menciptakan kejutan. Seperti empat tahun lalu ketika Yunani menangi Euro 2004 di Portugal. Juaranya adalah negara ‘kecil’ seperti Rusia. Dengan modal pelatihnya Guus Hiddink yang bepengalaman, Zenit FC yang memenangi UEFA Cup. Dan tim Rusia relatif masih segar masuk Euro 2008 mengingat kompetisi mereka yang baru dimulai awal tahun?

IB: Saya rasa itu masih agak sulit bagi Rusia menjuarai turnamen sebesar Euro 2008. Pertama faktor pengalaman sebagai tim dan kedua adalah kwalitas individu yang sangat menentukan. Nah kalau Rusia masih belum memiliki kwalitas yang mencukupi untuk jadi juara.

ET-IB
Posting Komentar