Senin, Februari 18, 2008

Penampilan Perdana Irfan Bachdim di Eredivisie


17 Februari 2008 bersejarah untuk Irfan Bachdim. Untuk pertama kalinya Irfan bermain di Liga Utama Belanda, Eredivisie. Sebenarnya juga hari bersejarah untuk sepakbola Indonesia

Pemain muda kelahiran Amsterdam 11 Agustus 1988 itu masih warga Indonesia. Ia bahkan sudah pernah bergabung dengan timnas Indonesia U-23 ketika berlatih di Belanda.
Pada pertandingan kandang menjamu VV Venlo, Irfan Bachdim diturunkan satu pertandingan penuh. Namanya cukup mengherankan penggemar bola Belanda. Sampai-sampai Umberto Tan, reporter RTL televisi kondang pemegang hak tayang Liga Eredevisi menyebutnya bukan Bachdim, tapi Bachdi.
Walaupun FC Utrecht sore itu dipermalukan tim tamu, dengan 4-1. 

Namun penampilan Irfan sendiri sebenarnya tidak mengecewakan. Dia bahkan sempat menyumbangkan tendangan pinalti untuk FC Utrecht karena dijatuhkan di kotakpinalti. Sayang peluang bola dari titik pinalti itu tidak membuahkan gol, karena ditahan kiper VVV.
Aku sebagai orang Indonesia ikut bangga dengan Irfan yang diturunkan dua kali 45 menit penuh. Selama ini Irfan yang aku kenal sebagai remaja yang kurus dan pemalu, malam itu dia tampil bagus dan tubuhnya sudah mulai kelihatan “berotot.”

Tim pelatih FC Utrecht dou Willem van Hanegem dan asisten John van Loen, sore itu memang memilih untuk menurunkan skuad mudanya. Selain Irfan bernomor punggung 42, masih ada Randy Wolters (17) dan Tim Noordraven (17). Alasan menurunkan pemain-pemain muda itu, antara lain karena banyak pemain pilar yang absen cedera atau diskors.

Usai pertandingan, asisten pelatih John van Loen, dalam kilasbaliknya mengatakan kecewa dengan kekalahan FC Utrecht, tapi melihat satu-satunya keuntungan malam itu adalah “kesempatan perdana pemain-pemaian muda untuk menjajal lapangan Liga Tertinggi Belanda, de Eredevisie.” Mudah-mudahan ini jadi awal penampilan Irfan Bachdim, satu-satunya warga Indonesia yang aktif di Liga Utama Eropa. Djenol

Susunan pemain FC Utrecht 17 Februari 2008 : De Ruiter, Cornelisse, Dickoh, Van der Kooy, Van Buuren, Kruys (Wolters/46), Caluwé (Leeuwin/65), Somers, Bachdim, Nelisse (Vandenbergh/67), George
Artikel lain tentang Irfan:
Apakah Irfan Masih Mau Main Untuk PSSI?

14 komentar:

Anonim mengatakan...

Irfan kamu adalah kebanggan dan harapan kami warga negara indonesia yang haus akan prestasi sepakbola di kancah internasional

djenolgoal mengatakan...

Makasih komentarnya. Aku juga dah bicara telepon sama Irfan. Dia ikut senang dengan dukungan dari kawan-kawan di Indonesia. djenol

Anonim mengatakan...

wih,.. ternyata masih ada harapan irfan main di TIMNAS,. tinggal PSSI nya nih,.. mantau ampe ke Belanda apa ngak,.. btw, bung djenol ada koneksi ma org PSSI gak? sayang bgt klo ada talenta spt ini tidak di manfaatkan,.. tul gak?

Anonim mengatakan...

AciKacuk
terimakasih buat kang djenol yang sudah mau repot2 kasih kabar tentang irfan buat saya. soalnya di indo berita tentang irfan sangat minim.
Titip salam buat Irfan seandainya ketemu. Kami di Indonesia, terutama FB mania sangat menunggu aksinya di lapangan di bawah naungan merah putih dan garuda.
Sukses fan!
MERDEKA!!!

Anonim mengatakan...

terus terang ketika aku baca berita itu, aku merinding ternyata masih ada secercah harapan dari anak negeri yang bisa di harapkan tuk waktu mendatang, meski saat ini PSSI sendiri berkutat dalam Kebodohan mereka....seperti kerbau yang di coocok hidungnya...

Salam hangat dari Duri...Riau

Anonim mengatakan...

irfan, puncak yang kamu tuju jauh lebih tinggi dari ini, jadi kobarkan terus hati yang selalu ingin menggapai puncak itu, buktikan dan tunjukkan pada semua orang di dunia seluruh kemampuanmu. kamu boleh bangga dengan posisimu sekarang tapi jangan pernah puas dengan keadaan kamu sekarang. janganlah kamu perdulikan timnas indonesia sekarang, jika kamu bisa diakui oleh dunia maka mata hati para petinggi2 sepakbola di indonesia pasti akan terbuka.

Berlatihlah lebih keras lagi dan jadilah PEMAIN NO.1 Se-DUNIA

yulian mengatakan...

jujur... sudah lama saya tidak mendengar kabar ttg irfan sejak pelatnas U 23 yang lalu.
jujur, begitu membaca tulisan mas djenol bulu kuduk saya merinding... membuktikan bahwa bangsa indonesia juga bisa berbuat...asal disertai kerja keras dan kesungguhan.
PSSI harus tanggap nih.. biar gak disambet negara lain...
di situs Utrecht FC tertulis irfan bachdim berkewarganegaraan belanda... gimana PSSI?

Deddy Hezemazu mengatakan...

Ini adalah kebanggaan seluruh bangsa Indonesia.
Salut buat Irfan, semoga tetap konsisten di Tim utama FC Utrech, dan jangan pernah berpaling dari Negara yang mengalir di dalam darahmu itu.
Kami menantikan aksi Irfan di lapangan tengah Tim Garuda.
Mas, saya boleh minta alamat email irfan ga ?
Ingin sekali bisa berinteraksi dengan Irfan.
Saya yakin apa yang saya rasakan juga menjadi harapan bangsa ini, yaitu agar Irfan mau membela Timnas Indonesia.
Salam buat Irfan Bachdim ya mas...,

Anonim mengatakan...

mas djenol. kalo ada kesempatan, mohon untuk merekam penampilan irfan bachdim satu pertandingan (ato highlights) pas dia lagi maen di fc utrecht. ga masalah di tim utama atau reserved. yang penting saya pengen liat penampilannya. sukur2 kalo itu di eredivisie.
ditunggu banget videonya.
saya cari di youtube belum ada. hanya ada pertandingan jong utrecht lawan jong ajax. sedikit sekali dia disorotnya.

The Golden Gool mengatakan...

semoga irfan bachdim bener2 mau bergabung dengan timnas.Mohon bang djenol meloby PSSI agar segera mengajak irfan bachdim bergabung dengan timnas indonesia.Makasih buat bang djenol yang telah memberikan info penting ini buat masyarakat indonesia.Masyarakat indonesia sangat berharap kehadiran irfan bachdim.Bang djenol ini e-mail aq d4v1d.1ndones14@gmail.com..dan blog aq golden-joss.blogspot.com..

Anonim mengatakan...

ayo irfan bachdim.. tunjukan keahlianmu.. untuk mendapatkan tempat di team inti FC Utrecht...
dan saya berharap kamu bisa memperkuat timnas indonesia..
forza irfan bachdim...!!!!

soklemaintenan mengatakan...

ini adalah bagian dari "puzzle" yang hilang dan harusnya dia diambil untuk di susun dengan benar.Indonesia adalah negara dengan potensi yang luar biasa,bahkan john barnes legenda liverpool sangat mengakui kualitas bibit pemain kita.Semoga pemerintah(terutama PSSI) tersadar akan hal ini....sukses bachdim...sukses juga indonesia...

Oggie mengatakan...

wah....


ayolah bachdim diusahakakn sama pssi buat membela timnas....


aku bener2 rindu liat timnas indonesia berjaya di kancah internasional...

war_love_earth mengatakan...

hidup irfan bachdim...