Rabu, Januari 09, 2008

“Maksimal Lima Pemain Asing”


Itulah usulan Nico Janssens, Presiden Direktur klub kedua terbesar Rotterdam Excelsior. Pak Janssens ini menyampaikan gagasannya pada pidato tahun baru di klubnya. “Jumlah pemain asing di Eredivisie yang diturunkan ke lapangan harus dibatasi.” Dia ingin maksimal lima orang asing saja, di lapangan. Jadi yang dia maksudkan bukan daftar pemain yang dikontrak, tapi jumlah pemain yang diturunkan pada saat yang sama. Dengan kata lain dia nih ingin supaya dalam sebuah pertandingan maksimal 10 orang asing saja.

"Di sini sudah kebanyakan pemain non-Belanda," kata Janssens, seraya menyambung. "Saya khawatir menyaksikan perkembangan terakhir. Ini jelas akan menghambat perkembangan bakat muda kita kalau terlalu banyak pemain asing yang diturunkan ke lapangan. Kita jangan sampai menjadi seperti Inggris, pemain-pemain yang bagus nyaris semuanya orang asing."

"Sulit dimengerti kalau negara yang punya salah satu kompetisi paling besar sedunia, tapi tidak lolos Piala Eropa. Maka saya mengusulkan untuk kembali menerapkan jumlah maksimal pemain asing." Saat ini klubnya Janssens, Excelsior memang sudah memberikan contoh. Mereka hanya punya tiga pemain asing. Dan Excelsior menduduki posisi zona degradasi, terancam terpelanting ke devisi lebih rendah. Apakah itu ada kaitannya?

Ungkapan ini pula punya dua arah. Memang pembatasan pemain asing bisa membuka peluang sukses bakat lokal. Itu memerlukan perjuangan semua pihak, semua harus setuju. Lontaran usul presdir Excelsior bisa juga diartikan sebagai cara berkelit kepada pendukung Excelsior, Mengingat klub kecil ini sedang kepayahan di kompetisi karena tidak punya cukup dana untuk membeli pemain asing yang relatif lebih mahal.
djenol - div
Posting Komentar