Jumat, Desember 07, 2007

Van Basten, Barca atau Ajax?


Pengumuman Marco van Basten (MvB) mengundurkan diri sebagai pelatih nasional tim Belanda, Oranje setelah Euro Juni 2008, melahirkan sejumlah spekulasi. Mau melatih club mana MvB? Dan siapa penggantinya di Oranje?

Dua pertanyaan itu menimbulkan spekulasi yang menarik. Pelatih sekelas Van Basten memang menarik bagi berbagai klub papan atas yang mencari pelatih type 4-3-3. Pola main striker yang dikempit dua sayap depan, sehingga cendrung menyerang.

Barcelona dan Ajax adalah dua klub yang punya tradisi type 4-3-3 yang diagungkan MvB ini. Pihak Barca sedang mencari pengganti atau lebih tepatnya penerus Frank Rijkaard, yang kemungkinan akan meninggalkan Barcelona akhir kompetisi ini. Dan Barcelona masih ingin gaya permainan “Belanda” ofensif diteruskan oleh pelatih penggantinya.

Sementara itu Ajax juga tampaknya tidak tinggal diam mendekati Van Basten yang memang sudah dialiri darah Ajax di tubuhnya. Dia besar di klub Amsterdam itu dan meraih sukses disana. Jadi mengenal betul Ajax dari luar dan dalam, yang juga adalah tempat lahirnya pondasi “Total Football.” Sepeninggalan Henk ten Cate ke Chelsea, Ajax dilatih Adrie Koster yang hanya sampai akhir musim ini saja. Setelah itu Ajax harus mencari penggantinya. Van Basten bisa cocok pula di Ajax. Bukan rahasia lagi, kalau menyebut nama Van Basten, Ajax dan Barcelona maka tidak lepas dari satu sosok yang punya pengaruh besar yaitu Johan Cruijff. JC ini punya peran besar dalam menentukan arus kedepan dari Ajax dan Barcelona. Tidak di atas kertas tapi dalam prakteknya.

Spekulasi lain adalah siapa yang akan menggatikan Van Basten di Oranje untuk mempersiapkan Piala Dunia 2012 di Afrika Selatan. Selama ini muncul diskusi marak di Belanda. Konon Asosiasi Sepakbola Belanda mengarah pada empat nama. Koran Belanda, Telegraaf menduga Frank Rijkaard, Bert van Marwijk, Fred Rutten dan Co Adriaanse sebagai nama-nama yang dipertimbangkan. Untuk sementara keempatnya masih bekerja di klub.

Mencolok adalah nama Foppe de Haan. KNVB rupanya tidak menoleh ke Foppe. Memang ketika namanya dikaitkan dengan pengganti Van Basten, Foppe de Haan sendiri mengatakan dirinya sedang konsentrasi penuh dengan tugas sebagai pelatih tim Olimpiade Oranje yang akan tampil di Olimpiade di Cina 2008. Walaupun suara paling santer di Belandas menghendaki agar Foppe de Haan, melatih Oranje. Namun ia sendir rupanya “untuk sementara” masih pura-pura enggak minat. Padahal!? Kita tunggu kapan KNVB, Asosiasi Bola Belanda menentukan pilihannya. Djenolgoal-div
Posting Komentar