Kamis, September 06, 2007

Bergkamp Masuk Hall of Fame

Publik Inggris, ternyata masih belum lupa sama mantan pebola asal Belanda, Dennis Bergkamp.
Striker flamboyan ini menggantung sepatu tahun lalu setelah 11 tahun mempertajam serangan Arsenal. Namanya kini diabadikan di Hall of Fame, musium nasional sepakbola Inggris.

Nama bintang hasil tempaan pendidikan Ajax Amsterdam itu dipilih dalam acara Football Focus BBC. Di Inggris ia dijuluki non-flying Dutchman, karena dia punya kelainan yaitu tidak berani naik pesawat. Pada voting oleh pemirsa itu Bergkamp mengalahkan nama-nama besar seperti Sir Trevor Brooking, Len Shackleton, Paul Scholes dan Ray Wilson.

Bergkamp adalah orang Belanda pertama yang masuk dalam jajaran sosok abadi di Hall of Fame itu. Ini memang menandakan betapa dia disayangi oleh publik Inggris. Karena sejak dibentuk tahun 2002, ini baru kali pertama penunjukan diserahkan pada publik.
Nama-nama yang sudah mengisi jajaran pahlawan bola di Inggris diantaranya adalah Kevin Keegan, Bobby Charlton, Gordon Banks, Geoff Hurst, Bryan Robson dan Alan Shearer. Namun demikian Bergkamp bukan pemain asing pertama yang diabadikan. Sebelumnya sudah ada empat orang asing Bert Trautmann, Eric Cantona, Peter Schmeichel dan Gianfranco Zola.
Selama 11 musim di Arsenal, Bergkamp bermain 423 pertandingan dan mencetak 120 goal. Bersama Arsenal ia meraih tiga kali gelar juara liga Inggris dan empat kali FA Cup. Pada pesta pengumuman resmi 15 November ini berlangsung di Manchaster, dan masih ada sembilan praktisi dunia sepakbola yang akan dimasukkan juga ke jajaran Hall of Fame.
Syaratnya untuk bisa diabadikan di museum itu, seorang pelatih atau pebola harus sudah pensiun. Minimal usia 30 tahun dan paling sedikit pernah mengabdi di klub Inggris selama lima musim. Djenol-div
Posting Komentar