Sabtu, Maret 03, 2007

Liga Utama Perempuan Belanda Dimulai


Musim depan ini 2007/2008 Belanda akan punya kompetisi devisi utama. Demikian diumumkan Asosiasi Sepakbola Belanda KNVB. Sejauh ini sudah sembilan klub yang menyatakan siap ikutserta.


Sebelumnya sudah ditetapkan, kompetisi baru bisa dimulai kalau minimal enam klub ikut serta. Akhirnya klub berikut ini siap mengirimkan tim perempuannya ADO Den Haag, AZ Alkmaar, Cambuur Leeuwarden, Roda JC, TOP Oss, FC Twente, Willem II, sc Heerenveen dan FC Utrecht. Sementara itu dua klub besar Belanda, PSV dan Ajax mundur di tengah jalan. Mereka melihat waktu yang tersedia terlalu pendek untuk bisa menyiapkan tim yang handal. Walau demikian PSV dan Ajax berjanji akan gabung mulai musim 2008/09, demikian ditambahkan pihak KNVB.


Devisi utama Belanda untuk perempuan ini dikelola secara profesional, meskipun para pemainnya masih punya pekerjaan lain. Jadi kompetisi Belanda ini masih diikuti oleh para pemain bola yang bukan profesi penuh. "Di masa mendatang tentu saja akan diarahkan ke profesional. Tapi sekarang ini belum sejauh itu. Itu semua tergantung pemasukan dari iklan dan penjualan hak tayang di televisi ", demikian disampaikan wakil dari KNVB.


Pelatih timnas perempuan Belanda, Vera Pauw menyambut gembira perkembangan ini. 'Ketika berbicara dengan sejumlah klub, kami merasakan peningkatan animo untuk memulai kompetisi nasional untuk bola perempuan. Tampaknya ini segera akan terrealisasi. Kami menyambut gembira!'


Wah Belanda juga sudah mulai melangkah lebih jauh lagi soal bola. Memang semua pihak dan kalangan berhak untuk menggelar kompetisi nasional selama mereka mampu. Termasuk wanita! ET-div
Posting Komentar