Sabtu, Maret 03, 2007

Belanda Buka Sejarah Untuk Cina

Gambar:PicUnited
Sejak 20 Februari 2007, rumput di stadion klub papan atas Belanda PSV Eindhoven, menjadi suci bagi persepakbolaan Cina. Karena pada Selasa malam itu Sun Xiang pemain bola asal Cina, untuk pertama kalinya ikut serta dalam pertandingan Champions League. Sun memperkuat PSV dalam meladeni tamu Arsenal dari London.


Sun yang bermain di bek kiri itu, sekaligus adalah pebola pertama Cina yang berlaga di Champions League. Minimal semilyard penduduk Cina kontan saja melihat Sun sebagai legenda, dan melihat PSV sebagai klub yang tak terlupakan.


Kiprah Sun Xiang pada pertandingan penting lawan Arsenal itu, memang sudah banyak yang menduga. Namun momen yang dipilih pelatih PSV, Ronald Koeman untuk mengirim Sun mempertebal pertahanan di sebelah kiri itu, termasuk berani. Karena ketika itu PSV sedang mempertahankan mati-matian keunggulan 1-0 atas Arsenal. Padalah Sun yang sudah tentu di awalnya agak gugup, karena baru pertama kalinya menginjak rumput Champions League.


Walhasil dengan penampilannya yang cukup memuaskan itu, maka Sun sudah meraup keuntungan pengalaman yang sangat berharga. Keunggulan 1-0 tetap dipertahankan PSV sampai akhir pertandingan bersama Sun. Untuk pertandingan kompetisi, Sun sudah tidak bakal gugup lagi.


Keuntungan bagi PSV adalah, mulai saat ini pendukung PSV di negara milyaran pasang mata itu jelas membludak. Dan dijamin kaos loreng Merah Putih nya PSV akan laku keras di Cina, baik yang asli maupun tiruan. ET
Posting Komentar