Selasa, Februari 13, 2007

Gio, Maluku Pertama Jadi Kapten Oranje


Giovanni van Bronckhorst, keturunan Maluku pertama yang menjadi kapten kesebelasan nasional Belanda, Oranje.


Pada pertandingan persahabatan di stadion ArenA Amsterdam, antara Belanda lawan Rusia 7 Februari 2007, Gio nama panggilan akrab Giovanni van Bronckhorst menyandang gelang kapten. Inilah yang pertama kali pemain keturunan Maluku yang memimpin barisan skuad Oranje.


Pada tampilannya ke 64 untuk timnas Belanda ini, Gio dipercayai pegang sabuk kapten Oranje, karena kapten Edwin van der Sar sedang cedera.


Selain itu pria kelahiran 5 Februari 1975 itu dipilih menjadi komandan lapangan karena sifatnya yang tenang dan penurut. Ia merasa mendapat kehormatan bahwa dirinya menjadi keturunan Maluku pertama yang menyandang sabuk terhormat di lapangan itu. Walaupun sifatnya hanya sementara saja, sabuk akan kembali ke lengan Van der Sar, segera setelah dia kembali ke tim Oranje.


Pendahulunya Simon Tahamata yang juga sudah 22 kali memperkuat Oranje belum pernah mendapat kesempatan untuk menyandang sabuk lengah kehormatan itu.


Walau demikian ini bukan yang pertama kali pemain keturunan menyandang sabuk kapten timnas Oranje. Sebelumnya sudah ada empat pemain keturunan Suriname: Ruud Gullit sudah 41 kali, Edgar Davids 12 kali, Frank Rijkaard 2 kali dan Aron Winter 2 kali. ET-div
Posting Komentar