Jumat, Februari 02, 2007

Bintang Brasil Yang Bersinar di Belanda



Pencinta sepakbola Belanda sedang terkesima dengan penampilan sosok penyerang yang sangat produktif. Dalam 22 pertandingan dia mampu menyarangkan 21 gol.

Namanya Afonso Alves Martins Jr, dan lahir 30 Januari 1981 di Belo Horizonte Brasil. Sejak Juni 2006 lalu dia main di SC Heerenveen klub Belanda Utara. Aku yakin orang ini bakal jadi topscorer Liga Belanda di musim kompetisi ini. Dan tidak heran pula kalau setelah itu dia akan pindah ke Liverpool atau Milan.



Ia mengawali karirnya di klub lokal Atlético Mineiro di Brasil. 2002 ia ditarik klub Swedia Örgryte di kota Allsvenskan Swedia. Musim 2004/2005 ia pindah ke klub lebih besar Swedia, Malmö FF. Di sinilah ia menjadi duo ujung tombak bersama Markus Rosenberg yang sekarang bermain di Weder Bremen, Jerman. Musim panas 2006, Alves diambilalih oleh SC Heereveen. Klub Belanda Utara itu cukup terkesima dengan kuwalitas Alves dan berani merogoh kocek dalam-dalam sampai 4,2 juta euro dan mengikatnya sampai 2011. Untuk kebanyakan klub Eropa, memang uang segitu tidak banyak, tapi bagi Heerenveen ini adalah pembelian paling mahal selama ini. Heerenveen berani membayar 4,5 juta euro dari hasil penjualan Klaas-Jan Huntelaar ke Ajax dan Giorgios Samaras ke Manchester City.


Pelatih Heerenveen Gertjan Verbeek lega karena Alves bisa bertahan di Heerenveen. Sebelumnya dia cukup cemas, topskorer Alves yang mencetak 21 gol dari 22 penampilan itu, akan dibeli klub besar Eropa. Setelah tanggal 1 Februari berlalu, bursa jual beli pemain di Eropa pun tutup untuk musim ini. “Pihak direksi Heerenveen lega, karena masih ingin mempertahankan Alves minimal dua atau tiga tahun mendatang. Kami sangat butuh striker tajam seperti dia.” demikian diungkap pelatih Verbeek. ET-div
Posting Komentar