Selasa, November 21, 2006

Donovan Gelap Soal Bola Indonesia



Donovan Partosoebroto, kiper handal di Ajax junior.


Dia enggak tahu banyak soal sepakbola Indonesia. Dia enggak tahu kalau U-23 yang lagi perang di Qatar, dia enggak tahu kalau di Indonesia bola itu olah raga yang digemari orang.

Dia sering ke Indonesia liburan. Dia bilang katanya kalau ke Indonesia tidak melihat ada lapangan bola atau klub bola. Sekali pernah waktu umur 8 tahun diajak ibunya yang penggila bola itu, nonton pertandingan bola di stadio gede di Jawa Timur. Langsung kapok..kapok..
"Ma.. kita pulang yuk.. aku kasihan sama wasit yang dilempari oleh penonton dan didorong-dorong sama pemain.. kan itu enggak boleh dan kasihan pak wasit.."


Trus belakangan ini dia melihat remaja di Tanah Air pada nongkrongnya di mall-mall dan pujasera. Mereka bukan pada maen bola tapi malah sibuk dengan jempol tangan mijitin HP. SMS an mungkin maksudnya..
Kalau Donovan sendiri boro-boro. Dia memang enggak ada waktu buat itu semua, enam hari seminggu isinya cuman latihan-latihan dan kompetisi sama Ajax. Dia ini line kiper yang handal, refleksnya oke banget. Kata ibunya hidupnya hanya untuk bola, dia tidak bisa membayangkan untuk nyari kerja lain selain menggeluti sepakbola. Desember ini dia ke Jepang bersama tim Ajaxnya ikut turnamen.


Satu lagi, Radja Nainggolan yang di Itali itu dia di lini depan. Kata mantan pelatihnya, termasuk Simon Tahamata, dia posturnya enggak besar, tapi kalau sudah menguasai bola seperti Speedy Gonzales, sulit di hadang! Dia juga gelap banget soal bola Indonesia. Ke Indonesia aja belum pernah.


Mereka ini memang punya porsi latihannya banyak dan enggak manusiawi menurut ukuran adik-adik kita di Indonesia. Aku yakin di Indonesia banyak bakat yang mampu menandingi mereka-mereka ini. 



Lalu bagaimana sekarang untuk menggugah minat mereka tentang bola Indonesia dan bagaimana remaja di Tanah Air bisa terrangsang berbondong2 turun ke lapangan dan tendang-tendang bola. Mana lapangannya? Mana bolanya? Mana sosok contohnya? Itu semua PR yang harus digarap. ET-djenolgoal
Posting Komentar